Minggu, 26 Mei 2019

Kawah Sikidang Yang Tak Terlupakan






Masih di Dieng ada kawasan wisata berupa kawah yang dikenal dengan kawah Sikidang. Kawah Sikidang ini ada di desa Bakul, kecamatan Batur dan Kabupaten Banjarnegara.Memang ini salah satu wisata di Dieng yang harus dikunjungi. Selain indah keeksotisannya tampak terlihat . Begitu juga ada cerita dari kawah Sikidang ini . Semuanya merupakan daya tarik tersendiri bagi kawah Sikidang ini. Yang unik dari kawah Sikuidang ini adalah kawahnya yang sering berpindah-pindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas.Makanya mirip kijang yang suka melompat makanya diberi nama kawah Sikidang (kijang). Dan uniknya lagi kawah Sikidang ini terletaknya di tanah datar sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas. Lumpur yang meletup-letup dengan asap yang membumbung tinggi. Kawah Sikidang ini terbentuk karena letusan gunung berapi di daerah Dieng ini bertahun-tahun yang lalu. Dan kini kawah ini masih aktif dapat terlihat dari lumpur yang meletup-letup dan asap yang mengepul dari kawah.



Dari kawah Sikidang ini ada cerita legenda yang dipercaya masarakat setempat.Katanya pada jaman dulu di sana ada putri yang cantik sekali .Putri itu bernama Shinta Dewi.  Namun sayang putri belum mendapatkan pasangan karena putri konon memberi persyaratan mas kawin yang besar. Nah ada pangeran yang kaya raya dengan nama pangeran Kidang Garungan.Unikmya pangeran ini berwujud manusia tapi kepalanya berwujud kijang. Kemudian pangeran ini menyuruh pegawainya untuk melamarkan putri dengan iming-iming mas kawin yang besar.Putri Shinta Dewi akhirnya luluh karena iming-iming mas kawin yang besar. Saat melihat wujud pangeran , putri terkejut tapi untuk mundur dari lamaran gak mungkin. Dengan akalnya putri meminta dibuatkan sumur yang katanya untuk masarakatnya yang kekurangan air. Saat pangeran sedang menggali sumur , putri menyuruh pegawainya untuk menimbun pangeran hidup-hidup. Pangeran akhirnya tahu kalau ini akal-akalan putri, pangeran marah sehingga sumur meledak dan berubah menjadi kawah panas. Dan sebelum ajalnya pangeran mengutuk kalau keturunan putri akan berambut gimbal.


Dari legenda ini makanya di daerah Dieng banyak anak yang berambut gimbal. Anak yang berambut gimbal anak yang istimewa dan tak boleh dipotong kalau anaknya belum meminta.Prosesi pemotongan rambut gimbal dilakukan satu tahun sekali yang diadakan di pelataran candi Arjuna. Kini acara pemotongan rambut gimbal jadi agenda pariwisata yang diawali dengan banyak pertunjukaan.


Saat masuk ke kawasan kawah Sikidang mulai terasa bau belerang yang menyengat. Dan banyak spot-spot foto yang disediakan di sana. Walau beberapa spot foto yang sudah rusak. Kebetulan aku gak sampai jauh jalannya karena jalan yang terjal . jadi ambil tempat yang dekat saja. Beberapa spot foto aku ambil untuk foto berdua dengan suami. Ternyata hasilnya cukup bagus dengan latar belakang terlihat asap yang mengepul. Walau jalan di sana harus hati-hati karena tanah yang empuk . Di sana juga terdapat kios-kios yang menjual sovenir .Beberapa penduduk asli sana menjual batu belerang. Batu belerang ini memang kaya akan mineral dan bisa menyembuhkan penyakit kulit. Juga ada yang menjual telur yang bisa kita rebus di kawah sampai matang. Cukup dalam waktu 5 menit saja sudah matang. Begitu juga banyak di jual hasil pertanian terutama kentang. Kentangnya beda dengan kenatng yang biasa aku beli. Katanya bagus untuk penderita diabetes. Juga terdapat carica manisan buah yang jadi oleh -oleh khas Dieng. Dan yang unik juga ada cabe khas di daerah Dieng. Tadinya aku mau beli, tapi tertunda karena bermaksud melihat kawah dulu , ternyata saat pulang lupa kalau mau beli cabe khas Dieng ini. Bentuknya unik .


Nah, kalau mau jalan-jalan ke daerah Dieng, kawah Sikidang ini salah satu yang patut dikunjungi. Perlu tubuh yang fit karena area yang terjal dengan bebatuan butuh tubuh yang fit. Seeprti diriku yang hanya bisa menjelajah daerah yang dekat-dekat saja.


29 komentar:

Abd Kadir Rusdi mengatakan...

Pemandangannya Indah sekali apalagi dinikmati bersama yang tercinta

kotanopan.com mengatakan...

pemandangan bagus, cuma kalau malam sepertinya gelap ya mbak? saya gk lihat ada akses listrik atau lampu.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas kadir

Tira Soekardi mengatakan...

iya kotanopan, itu juga terlihat suram karena habis hujan dan mendung

Nugraha Fauzi mengatakan...

Nice story, baru tahu kalo ternyata itu ada legendanya ... Jadi sikidang itu awalnya sikijang kali ya, karena akulturasi waktu lambat laun berubah jadi sikidang ... Sayang padahal kalo ada fasilitas lampu indah ya ...

Tira Soekardi mengatakan...

iya , saat itu lagi mendung karena habis hujan mas nugraha

Okapinote mengatakan...

dari dulu pengen banget ngetrip ke dien apalagi liat kawah sikidang dan pemnadangannya yang luar biasa.
mudah-mudahan tahun ini bisa kesana

Lusi mengatakan...

Belum pernah kesana. Terima kasih infonya.

Mugniar mengatakan...

Wah penasaran dengan kawah ini. Saya penasaran dengan lumpur yang meletup-letup dengan asap yang membumbung tinggi.

Aris Armunanto mengatakan...

Udah pernah kesini tapi dulu, pengin sekali kapan2 bisa main ke dieng lagi,...carica mmmn nikmat tuh saya suka sekali

Nurul Sufitri mengatakan...

Tadinya liburan lebaran ini aku sekeluarga mau ke Dieng oh tapi karena suatu hal jadi batal deh. Aku penasaran kepengen cobain makan telur yg direbus cukup 5 menit di kawah situ hehehe.

Bang Day mengatakan...

pastinya lagi dingin dinginnya nih di sana

Tira Soekardi mengatakan...

okapinote , semoga bisa ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak lusi

Tira Soekardi mengatakan...

yang uniknya mbak niar kawahnya bisa pindah2

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas aris, caricanya memang enak

Tira Soekardi mengatakan...

bisa dicoba kelak mbak nurul, rebus telornya

Tira Soekardi mengatakan...

iyalah bang day lagi musim hujan

abesagara mengatakan...

Jadi pengen kesana lagi

Abd Kadir Rusdi mengatakan...

sekarang luar biasa banyak sekali destinasi wisata kekinian di Indonesia

Anita d'Caritas mengatakan...

Semoga bisa liburan kesana, pemandangannya bagus banget

Tira Soekardi mengatakan...

yuk main ke sana masa abesagara

Tira Soekardi mengatakan...

iya banyak spot cantik buat foto2an ya mas kadir

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak anita

Enny Ratnawati mengatakan...

anakku selalu menyebut pengen ke dieng .ternyata emang bagus bgt ya.makasih yaa sdh banyak phoo n cerita uniknya

Tira Soekardi mengatakan...

dan di sana banyak wisata yang hrs dilihat mbak enny

Essen Ikan Bawal Barracuda mengatakan...

Thanks for sharing,.

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 essen

عبده العمراوى mengatakan...


شركة رش مبيدات بالدمام
شركة تنظيف سجاد بسيهات


Posting Komentar