Minggu, 19 Mei 2019

Perlunya Komunikasi Antar Pasangan




Dalam suatu hubungan yang paling penting itu adalah komunikasi. Hubungan yang baik haruslah dua arah bukan hanya searah saja. Terutama kejujuran dalam komunikasi yang penting. Saat kita gak jujur, itu merupakan kegagalan hubungan. Dan kebohongan menjadi tameng dan membuat hubungan tidak baik. Punya komunikasi yang sehat.Kedua pasangan harus bisa mengungkapkan kalau dia marah , lelah, ingin dipeluk , ingin menyendri. Dengan demikian pasangan tahu apa yang dirasakan pasangannya. Berbagi emosi juga penting dalam komunikasi antar pasangan. Saat kita marah dan bagaimana perasaan kita diungkapan sehingga pasangan kita mengerti dan akan selalu berada di sisi kita. Tapi tak semua komunikasi lancar apalagi kalau lagi bersitegang, perlu komunikasi yang benar. Pemilihan kata juga jangan sampai salah yang bisa menambah runyam.

Beberapa contoh bahasa yang baik digunakan untuk berkomunikasi dengan pasangan.

1 Bertanya dengan baik saat sulit dihubungi.Susah menghubungi pasangan kadang menimbulkan kecurigaan padahal mungkin saja hp sedang disilent karena ada arpat atau ponselnya ada di meja kerjanya sedang dia ada di luar. Lebih baik tanyakan baik-baik kenapa tadi susah dihubungi karena kamu merasa kawatir takut ada apa-apa dengan pasangannya. Nah ini PR banget buat aku karena suamiku jarang lihat-lihat ponsel. Jadi kalau aku menghubunginya kadang jarang diangkat. Kadang suka agak kesel juga sih, apalagi kalau hal penting.

2 Bersedia mendengar saat pasangan berkeluh kesah. Dalam hidup kita pasti ada masalah yang kadang menjadi beban . Dan beban ini yang biasanya ingin dibagi dengan pasangannya. Tentu pasangannya harus mau mendengarkan keluh kesahnya. Tak usah cari jalan keluarnya yang penting mendengarkan dengan baik, agar dia merasakan kalau kita juga merasakan hal yang sama dengannya

3.Mendukung segala usahanya. Mau salaing mendukung usaha yang dilakukan pasangan . saling mendukung membuat kegiatan atau usaha akan lebih berhasil . Walau sederhana tapi dengan dukungan pasangan membuat yang sederhana jadi luar biasa

4. Memberikan kepercayaan pada pasangan. Bagaimanapun pasangan kita banyak berhubungan denagn banyak orang baik di kantor maupun dengan orang-orang di luar kantor yang bekerja sama dengan kantor. Dengan memberikan kepercayaan kita akan merasa tenang dan gak kawatir tapi kepercayaan yang diberikan jangan sampai ternoda, karena sekali kepercayaan dilanggar, pasangan akan gak percaya selamanya.

5.Tidak langsung menyalahkan. Bila ada masalah harus cepat didiskusikan dengan baik bukan saling menyalahkan satu sama lain. Tapi perlu dibicarakan dengan baik agar bisa mendapatkan solusi yang baik

Saling pengertian dan saling mennerima itu juga bermula dari komunikasi. Bagaimana kita bisa mengerti pasangan kalau pasangan tak mengkomunikasikan.. Jangan malas berkomunikasi karena takut berbeda pendapat. Justru hal ini berbahaya , sesuatu yang tak diinginkannya tapi tak dikomunikasikan akan menjadi ganjalan besar ke depannya. Kalau dibiarkan terus menerus akan merusak keharmonisan. Perlunya strategi dalam berkomunikasi itu jelas. Kapan waktu yang harus ditentukan. Saat pasangan tak sedang memikirkan banyak masalah saat santai, perlu dipertimbangkan. Cara kita berkomunikasi juga perlu diperhatikan. Tentunya masing-masing sudah memahami karakter pasangan, sehingga mengerti bagaimana berkomunikasi yang baik dengan pasangan tanpa menyakiti tanpa terlihat seperti menggurui. Dan ego masing-masing harus dihilangkan agar lebih bisa menghargai pasangan saat berkomunikasi.

Berkomuniaksi itu juga suatu proses yang harus dijalani saat kita menikah. Berproses. Masing-masing belajar untuk memahami dan belajar bagaimana menyampaikan hal dengan baik pada pasangannya. Kalau ada satu yang salah tentu akan diperbaiki agar tak terulang kembali sampai satu titik pasangan sudah mengenal betul bagaimana berkomunikasi yang efektif tanpa menyakiti dan bisa menyelesaikan suatu masalah seberat apapun. Belajar terus itulah yang diharapkan . Jangan pernah menghindari berbicara karena gak enakan atau takut , komunikasi yang baik akan menghasilkan hasil yang baik juga.

21 komentar:

Nurul Sufitri mengatakan...

Betul3x bunda :) Kalau pakai bahasa kalbu kan pasangan hidup kita ini kadang ga ngerti juga maksud kita ya. Mendingan dibicarakan baik2 dengan sikon yang enak juga jadi komunikasi bisa lancar deh. Apalagi sambil makan2 hihihi yang romantis gitu :D

Eri Udiyawati mengatakan...

Nah betul banget Mba Tira.. kalau ditlp gak dijawab-jawab kita kan khawatir gitu ya, kadang udah kesel sendiri sih kalau saya. Ini orang ke mana gitu, atau ada apa.. Padahal harusnya ditanya baik-baik. Semoga kami makin memahami satu sama lainnya.

Tira Soekardi mengatakan...

nah makan2 itu penting ya, komunikasi lancar ya mbak nurul

Tira Soekardi mengatakan...

nah apalagi kalau pasangan jarang pegang ponsel, duh susah ngehubunginya ya mbak eri

Tukang jalan dan makan mengatakan...

ini patut saya terapkan bila nanti ada pasangan

Tira Soekardi mengatakan...

wah silahkan

Riza Firli mengatakan...

wah nice tips ..

Tira Soekardi mengatakan...

makasih riza

Digital Poin mengatakan...

Betul banget mamah, dengan adanya komunikasi akan saling tahu dan saling mengerti satu sama lainnya... Makasih mamah tipsnya

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 digital poin

MAS IRAWAN mengatakan...

subhanallah sekali hehe jadi pembelajaran saya yang belum ada pasangan

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mas irawan

Lusi mengatakan...

Tipsnya sangat meyakinkan dari yang sudah berpengalaman. Thank you.

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak lusi

Mugniar mengatakan...

BEnar banget, Mbak. Dan saya sekarang sedang dalam keadaan yang benar-benar harus memahami pasangan dengan berkomunikasi dengan baik. Eh malah curhat :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak niar, kadang seni berkomunikasi itu hrs dipelajari

Aprilely Ajeng Fitriana mengatakan...

Kalo soal menghubungi pasangan itu, saya nggak terlalu ngoyo sih. Dan macem biasa aja kalo di sulit dihubungi.

Iyalah, hpnya aja rusak. Wkwkwk..

Terus nggak kunjung beli baru.

Tira Soekardi mengatakan...

iya, iya mbak ajeng

Essen Ikan Nilem Barracuda mengatakan...

Thanks for sharing,.

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 essen

عبده العمراوى mengatakan...


شركة رش مبيدات بالجبيل
شركة تنظيف موكيت بالهفوف


Posting Komentar