Minggu, 23 Juni 2019

Gurihnya Tempe Mendoan


Gambar dari sini

Mendoan kuliner yang aku suka. Kenal dengan mendoan saat masih kecil. Selalu suka dengan makanan olahan tempe , tapi entah mengapa mendoan ini rasanya enak . Dan kalau buat sendiri rasanya beda dengan yang ada di Purwokerto. Saat masih mengajar seringkali dapat tugas ke Purwokerto . Dan bikin aku suka  ya itu tadi mendoannya yang bikin ketagihan. Sepertinya kalau ke Purwokerto belum makan mendoan belum afdol. Pernah sekali coba bawa mentahnay dan tepungnya yang dijual di pusat oleh-oleh. Tapi entah mengapa gorengnya yang salah  , kok malah kurang enak. Mungkin kurang tahu juga seberapa lama tempe tersebut digorengnya. Karena tempe mendoan ini digoreng setengah matang.Dan baru-baru ini berkunjung kembali ke Purwokerto dan akhirnay pasti harus makan tempe mendoan ini. Kalau tidak belum ke Purwokerto.

Mendoan itu sendiri dari bahasa Banyumasan yang berasal dari kata mendo yang artinya setengah matang atau lembek. Jadi mendoan adalah memasak dengan minyak yang panas yang banyak dan cepat sehingga tidak matang benar. Bahan yang bisa dibuat mendoan adalah tempe dan tahu. Mendoan ini disajikan paling enak kalau hangat-hangat, kalau sudah dingin kurang enak. Dan disertai dengan sambal kecap pakai rawit. Dan asyiknya tempe mendoan ini bisa digunakan buat temen makan nasi , bisa juga digunakan sebagai camilan yang disertai dengan teh hangat. Tempe mendoan ini banyak dijumpai di warung-warung resto atau hotel di daerah bekas keresidenan Banyumas seperti Purbalingga,Banjarnegara, Cilacap, Purwokerto. Untuk tempenya juga khusus, dibungkus daun pisang dengan ukuran yang tipis-tipis. Dan natinya waktu digoreng diberi tepung dan digoreng dengan minyak panas tapi cukup 3 sampai 4 menit saja sudah cukup. Dan tempe mendoan ini jadi oleh-oleh khas daerah Purwokerto juga.

Tempe mendoan karena berasal dari kacang kedelai sehingga banyak manfaat buat kesehatan bagi manusia. Seperti pada wanita bermanfaat untuk mencegah anemia dan osteoporosis yang sering dijumpai pada wanita. Juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Saking banyak gizinya tempe ini bisa diberikan pada anak-anak sampai lansia. Kandungan protein nabatinya yang bagus juga menjamin kualitas tempe buat kesehatan. Lebih juga terdapat antibakterinya. Selain itu juga terdapat asam lemak PUFA, serat, niasin, dan kalsium dan karbohidrat, vitamin, lemak, serat, enzim, daidzein, genisten. Banyaknya nutrisi  di alam tempe menjadikan tempe makanan yang diperlukan dan dibutuhkan untuk memenuhi gizi. Nah, ini manfaat tempe bagi keseahtan.

  • 1.      Membantu proses metabolisme tubuh. Hal ini karena dalam tempe mengandung senyawa vitamin B3, niacin, riblovin serta vitamin B2 yang membantu proses metabolisme.

  • 2.      Sebagai sumber protein. Tempe memang kandungan proteinnya cukup banyak. Protein ini mampu mempertahankan jaringan otot dan membuat ensim yang dibutuhkan sel untuk tumbuh.

  • 3.      Mempunyai antibiotik natural. Mempunyai senyawa jamur rhizopus yang menghasilakn antibakteri.

  • 4.      Mudah dicerna. Kandungan seratnya cukup tinggi sehingga bisa memperlancar proses pencernaan.

  • 5.      Tinggi kadar kalsiumnya. Menurut peneliti kandungan kalsiumnya sama dengan kalsium dalam susu sapi.

Nah, begitulah manfaat yang bisa diambil dari tempe mendoan. Makanan yang punya gizi cukup, rasa enak , mau apa lagi?

45 komentar:

Arlina Dwi Nur Isma mengatakan...

Wah saya juga tempe mendoan. Tapi kalau disini namanya bukan tempe mendoan melainkan tempe mbus. Namanya lucu yaa. Hehe

HM Zwan mengatakan...

Favoritku nih tempe Mendoan.. Enak banget dinikmati anget anget

Reffi Dhinar mengatakan...

waaah aku sukaaan banget mendoan, makan anget2 sambil dikasi petis udang khas Sidoarjo luezaat

Anisa mengatakan...

Wah enak banget nih Mbak tempe medoan ini. Saya aja suka kok hehe

Meiga mengatakan...

Wah ternyata selain enak. Namun, juga mempunyai banyak manfaat ya

Alvi mengatakan...

Oh ternyata dengan memakan tempe ini bisa memperlancar proses pencernaan di dalam perut ya

Sasa mengatakan...

Menggoda banget tuh Mabk tempenya. Sini biar saya makan aja deh hehe

Diana mengatakan...

Wah terima kasih nih Mbak informasinya sangat membantu tentang apa saja manfaat dari tempe mendoan ini

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak arlina malah saya baru tahu kalau disebut mbus

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Zwan

Tira Soekardi mengatakan...

wah apkai petis duang makin mantap itu mas reffi

Tira Soekardi mengatakan...

ternyata banyak yang suka ya mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak meiga

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alvi

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mbak sasa

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak diana

Reyne Raea (Rey) mengatakan...

Saya masih agak kurang doyan ama tempe mendoan nih, padahal ya enak juga ya kayaknya mba :)

Yeni Sovia mengatakan...

Aku pernah belajar bikin tempe mendoan bun. Tapi sayang karena aku nggak jago masak jadi rasanya mengecewakan ��

Tira Soekardi mengatakan...

apa mungkinkarena digorengnya setengah matang ya mbak reyne

Tira Soekardi mengatakan...

sama mbak yeni ,aku juga gagal bikin tempe mendoan

Nurul Sufitri mengatakan...

Bunda Tiraaaaaaa.....duuuh aku jadi tiba2 kepengen tempe mendoan ini langsung di hadapanku. Ayo, tanggung jawab nih gara2 ada foto mendoan plus cabe rawit dan sambal kecaonya wkwkwkwkkw. Besok bikin ah hihihi :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya ya mbak nurul bikin ngiler

rahmabalci mengatakan...

duh mbak bikin ngiler..., dulu saya punya langganan tukang tempe mendoan di stasiun palmerah jakarta, setiap mau berangkat ngantor selalu sempatkan beli, masha allah rasanya itu khas, entah knp nyoba bikin sendiri ga bs seenak mereka. saya suka mendoaaannn, huah tanggung jawab mbakkkk:S jauhh ni

adipraa.com mengatakan...

Camilan paling fave ini mah... Mendoan plus cabe rawit. gitu aja udah bahagia....

Yosa Irfiana mengatakan...

Aku juga suka mendoan bu... Enak dimakan anget-anget sama teh.

dita mengatakan...

kesukaanku banget ini mendoan, apalagi mendoan Purwokerto yang 'kewer-kewer'.
kalau nggak 'kewer-kewer' bukan mendoan, kata saya sih. hihhhihihi

Tira Soekardi mengatakan...

nah betul kan mba rahma, aku juga coba bikin sendiri gak enak rasanya

Tira Soekardi mengatakan...

wah banyak yang suka ternyata ya mas adi

Tira Soekardi mengatakan...

sedap dilengkapi dengan teh hangat begitu kan mbak yosa

Tira Soekardi mengatakan...

oh iya ada kewer2nya mbk dita

Fanny F Nila mengatakan...

sukaaaak bnget ama mendoan. untungnya di jkt aku udh nemuin mendoan enak langgananku di deket kantor manggadua, ama 1 lg langganan keluarga suami. kalo g salah di tebet ato pejaten. mama mertua yg suka beli di sana. mungkin yg bikin aku suka ini, krn tepungny yg dimasak sebentar itu :p.

Phebie mengatakan...

Waduh termasuk yang paling nggak tahan lihat yang beginian. Enak banget

Astria tri anjani mengatakan...

Tempe adalah salah satu makanan faforit saya. Dari kecil nggak pernah bosen kalau lauknya tempe....
Apalagi gambar di atas, enak banget kelihatannya.. .

Kurnia Lidyaningtyas mengatakan...

Mendoan emang enak parah sih, wajib bgt dicoba☺

Eri Udiyawati mengatakan...

Mendoan bagi kami yang asli Banyumasan ialah makanan favorit. Hampir tiap hari kami makan mendoan. Walah, Mba Tira udah ke Purwokerto, jalan-jalan ke mana aja, Mbak.

Tira Soekardi mengatakan...

asyik dong mbak fanny

Tira Soekardi mengatakan...

betul phebie

Tira Soekardi mengatakan...

sama mbak astria, aku juag suka tempe

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

jalan2 ke the village yang aku baru ke sana mbak eri, kalau ke baturaden sudah beberapa kali ke sana

sarrahgita mengatakan...

wow..selalu ga bisa nolak kalo ketemu sama tempe mendoan..favorit akuh..apalagi pake sambel kecap plus rawit

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak gita, sama dengan aku

Adi Pradana mengatakan...

iya mbak, banyak yang suka. mendo-mendo gitu ga garing...

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas adi

عبده العمراوى mengatakan...


شركة تنظيف خزانات بالخبر
شركة تنظيف منازل بسيهات

Posting Komentar