Jumat, 24 April 2020



Gambar dari sini  
 

Tahu ketumbar ? tentu para ibu sih tahu atau para bapak yang hobi masak jelas tahu. Salah satu bumbu dapur . Aromanya yang wangi tentu akan memberikan rasa yang berbeda pada masakannya. Apalagi masakan Indonesia yang kaya akan bumbu dapurnya. Beda dengan masakan-masakan lainnya. Kental sekali dengan bumbu ketumbar ini. Tapi ternyata ketumbar ini punya manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Ketumbar sendiri adalah tumbuhan rempah-rempah Buahnya yang kecil dikeringkan atau dibuat bubuk diperjualbelikan. Yang tidak dibuat bubuk bentuknya bulat-bulat kecil mirip merica dengan diameter 1-2 mm. Bau khas dari ketumbar karena di dalamnya terkandung minyak atsiri. Minyak atsirinya dikenal dengan linalool dan ditambah dengan geraniol, geralin asetat dan camphor sebagai pendukungnya.Banyak makanan Indonesia pakai ketumbar yang akan memberikan aroma wangi yang khas. Untuk masak bukan hanya bijinya saja yang digunakan tapi daunnya juga .Daunnya yang mirip seledri acapkali diiris tipis untuk ditaburkan dalam masakan. Juga mempunyai aroma yang tajam.

Tanaman ketumbar termasuk tanaman semak semusim dengan tinggi mencapi 1 meter. Akarnya termasuk tunggang, bulat dan bercabang dengan warna putih. Batangnya lunak dan memiliki alur dan berlubang. Daunnya mirip seledri dengan warna hijau dan hijau keputihan dan memiliki tepi yang bergerigi. Sedangkan bunganya termasuk bunga majemuk berbentuk payung bersusun dengan warna putih dan merah muda. Bagian mahkotanya mempunyai 5 daun mahkota yang berwarna merah muda atau putih. Buah ketumbar bentuknya bulat dengan warna hijau kalau masih muda dan coklat kekuningan saat sudah tua. Bijinya berbentuk bulat dengan warna kuning kecoklatan. Ternyata dalam ketumbar mengandung senyawa kimia berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehide, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren. Ketumbar mengandung energy sebesar 404 kilokalori, protein 14,1 gram, karbohidrat 54,2 gram, lemak 16,1 gram, kalsium 630 miligram, fosfor 370 miligram, dan zat besi 18 miligram. Selain itu di dalamanya juga terkandung Vitamin A, B1, dan C.Buahnya mengandung minyak atsiri, koriandrol, alfapinen, betapinen, simen, terpinen, borneol, geraniol, dan lemak. Minyak esensial yang terkandung kadarnya dapat mencapai 0.5-1% yang juga sebagai anti bakteri.

Ternyata ketumbar banyak manfaatnya buat kesehatan seperti

  • 1.      Mencegah dan mengobati diabetes. Bisa menjaga kadar gula darah tubuh. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin. Kelenjar ini berguna untuk meningkatkan tingkat insulin dalam darah dengan cara meningkatkan sekersi dari pankreas. Proses ini membantu penyerapan yang tepat dan asimilasi gula, menurunkan tingakt gula darah. Selain itu juga ketumbar dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Rendam ketumbar dalam air semalaman dan minum untuk tingkat kesehatan jantung dan gula darah yang sehat

  • 2.      Mencegah dan mengobati osteoporosis. Ketumbar memiliki zat antioksidan yang bisa mencegah osteoporosis dan  menjaga kesehatan persendian. Cara  seduh 3 gram ketumbar  dalam 150 ml air dan minum setiap hari.

  • 3.      Mengatasi permasalahan mata.  Antioksidannya bisa mengobati mata merah dan penyakit mata lainnya. Cara rebus ketumbar dalam air dan dinginkan sampai suhu kamar. Dan pakai untuk mencuci mata dalam keadaan terbuka agar manfaatnya bisa tercapai.

  • 4.      Mencegah arthritis dan rematik. Hal ini karena ketumbar mengandung linoleat dan cineole yang bersifat antirematik dan antiartritik. Caranya dengan merendam ketumbar dan minum

  • 5.      Membantu mengurangi sakit saat menstruasi.  Dengan cara mengkonsumsi air biji ketumbar yang dicampur dengan gula.

  • 6.      Mengurangi kadar kolesterol jahat.  Bisa mengurangi kadar kolesetrol jahat tanpa mengurangi kolesterol baik sehingga bisa mencegah penyakit jantung.


Nah, aku kebetulan pertama kali diberi ketumbar dan cara minumnya dari seorang teman yang suka barengan olahraga senam tera dan senam pernafasan. Akhirnya dicoba dan sekarang rutin minum ketumbar ini. Karena aku hanya bersifat mencegah makanya aku hanya minum seminggu dua kali saja. Semoga saja dengan minum rendaman ketumbar ini bisa menjaga kesehatan tubuh dari beberapa penyakit di atas.



31 komentar:

Herva Yulyanti mengatakan...

Wah aku baru tahu manfaat ketumbar Bu makasih infonya

Yaudah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Tira Soekardi mengatakan...

saam2 mbak herva

Annafi mengatakan...

Aku tahunya cuma untuk mata lho mba, ternyata manfaatnya banyak banget yaa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ananfi kalau untuk koleseterol aku diberi tahu sama guru senamku

Agus Sutisna mengatakan...

Pedes namanya kalau di aku mah.

Agus Sutisna mengatakan...

Eh ketuncar. Eh aku enggak tahu lupa bentuknya..

Kurnia amelia mengatakan...

Manfaatnya banyak ya aku pikir cuma jadi bumbu penyedap aja hehe.

Abdul Majid mengatakan...

Makasih infonya Bunda.

Apa ketumbar juga bisa mengobati mata minus? Seperti yg dijelaskan pada poin ketiga Bunda?

Yossie mengatakan...

aku suka kasih air rendaman ketumbar buat mertuaku. Beliau kan punya masalah osteoporosis. Jadi satu sendok ketumbar di rendam air hangat, besok paginya diminum. Belum tau sih hasilnya gimana. Tapi kata ibu mertua badannya lebih enakan kalau minum rendaman ketumbar

Tira Soekardi mengatakan...

wah istilahnya berbeda ya mas agus

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia banyak manfaatnya

Tira Soekardi mengatakan...

tidak bisa mas abdul hanya penyakit mata spt mata merah atau infeksi lainnya

Tira Soekardi mengatakan...

wah terbukti ya mbak yossie

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Saya kalo goreng tempe, suka dikasih bumbu ketumbar. Berarti manfaat banget ya. Makasih nggih Bu.

Tira Soekardi mengatakan...

iya pak akhmad

Dee_Arif mengatakan...

Benar mbak, mamaku tiap hari minum air rebusan ketumbar..
karena bisa menurunkan kadar kolestrol

dudukpalingdepan mengatakan...

Wah ternyata banyak manfaatnya ya. Saya kira cuma untuk bumbu masakan saja.

Tira Soekardi mengatakan...

wah jd sdh terbukti ya mbak dee

Tira Soekardi mengatakan...

dudukpalingdepan, iya banyak manfaatnya yg tak terduga

Andrie K mengatakan...

Wahhh manfaat yang dihasilkan banyak sekali yaa, memang kasiatnya bukan main main lagi..

teguh mengatakan...

selain membuat masakan menjadi lebih enak,ternyata ketumbar banyak manfaatnya iya bu.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas andrie

Tira Soekardi mengatakan...

sip mas teguh

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku setiap hari bikin seduhan air ketumbar buat suami. Udah ada setahun lebih begini. Alhamdulillaah menyehatkan. Aku sih jaraang minumnya hehehe.

Tira Soekardi mengatakan...

kalau aku yang minum mbak nurul, suamiku gak cocok , selalu diare

Adi mengatakan...

Saya suka banget masak tapi jarang pakai ketumbar. Maklum lebih sering baking dan western. Ternyata ketumbar banyak manfaatnya, ga nyangka banget.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas adi, kalau ketumbar memang banyak untuk masakan indonesia yg kaya rempah2

Kartika mengatakan...

Rendaman ketumbar ini ketumbar aja ya mbak? Atau ada campuran lain?

Tira Soekardi mengatakan...

gak cuma rendaman ketumbar saja mbak kartika

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku tiap hari rebusin air sampai benar2 mendidih lalu siapkan ketumbar 3-4 sdm di gelas. Seduh deh tuh ketumbar, kalau udah hangat baru diminum. Suamiku sih yg mengonsumsi ini, aku belum wkwkwkwk :D

Posting Komentar