Sabtu, 27 Juni 2020

Keindahan Di Balik Air Terjun Sipiso-Piso



Keindahan air terjun Sipiso-piso ini bisa terlihat dari kejauhan. Air terjun ini adanya di desa Tongging, kecamatan Merek dan kabupaten Karo. Air terjun ini ada di bibir kaldera danau Toba dan terajdi dari aliran sungai Pajanabolon. Dimana sungai ini merupakan penyuplai air ke danau Toba.  Keberadaan air terjun ini ada di ketingian 1300 meter dari permukaan laut. Tinggi air terjun ini mencapai 120 meter. Sedangkan nama sipiso-piso diambil dari nama gunung Sipiso-piso yang terletak di timurlaut danau. Gunung ini juga terkenal dengan nama Dolok Sipiso-piso. Nah, nama sipiso-piso sendiri asalnya dri kata piso. Piso itu sama dengan pisau. Kenapa diberi nama demikian? Ada sebabnya. Aliarn air terjun ini sangat deras sehingga membentuk garis vertikal sempurna sehingga tampak seperti sebilah pisau tajam. Akibatnya air terjun ini termasuk air terjun tipe plunge. Tipe plunge itu aliran air jatuh dari atas tebing berbatu menuju kolam terjun di bawahnya. Tapi di sisi lain ada yang menyebutkan kalau nama sipiso-piso itu berasal dari nama gunung Dolok Sipiso-piso. Dengan ketinggiannya air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.



Saat memandang air terjun ini terlihat sekali keindahannya dari jauh . Di sebelahnya terdapatlembah yang cantik dan sebalhnya lagi terdapat tebing yang eksotis. Dimana senau dalam keadaan subur dan asri banyak tanaamn sayur mayur dan di tebing inilah air terjun turun deras..Untuk ke saan harus menuruni anak tangga. Tapi jika gak kuat dengan melihat dai menara pandang saja sudah cukup melihat keindahannya. Dan bila bisa turun akan lebih banyak sensasinya. Gemuruh suara air terjun akan terdengar saat kita bisa mendekat ke sana. Dan hamparan bunga-bunga liar begiu indah . Dan saat sampai di dekat air trejun akan terasa udara menjadi segar. Percikan air akan terasa sampai tubuh kita. Dan kita akan puas menikmati sejuknya air trejun ini. Entah mengapa air trejun bagiku itu seperti sedang menyanyikan nyanyian alam. Air yang jatuh seperti menghujan ke bawah.


Air terjun ini memperlihatkan pemadangan alam berupa hamparan danau Toba dan banyaknya hutan pinus di sana. Oh ya dia ir trejun ini kita hanya bisa memandang keindahannya saja karena kita dilarang untuk berenang di sana karena kita tak mungkin berenang di sana karena kondisinya. Di saan juga terdapat fasilitas warung makan, toko oleh-oleh yang menyediakan cindear mata. Juga terdapat gazebo untuk duduk-duduk santai di sana. Jadi jangan pernah takut untuk datang kemari. Terbayarkan dengan keindahan dari air terjun walau untuk melihat dari dekat kita butuh usaha ekstra kuat. Dan alam yang asri membuat kita betah berlama-lama di sana. Sejuk udaranya dan mmebuat kita bisa menghilangkan penat sesaat.

24 komentar:

kartika mengatakan...

air terjun tertinggi ya? wah cantiknya ya. kenapa gak boleh berenang Bun? apakah terlalu dalam atau bagaimana?

abasozora mengatakan...

wah Tinggi banget ... capek juga pastinya untuk bisa sampai bawah

Tira Soekardi mengatakan...

mbak kartika, krn dasarnay seperti ada palungnya , dan air terjunya juga deras shg membahayakan untuk berenang

Tira Soekardi mengatakan...

abasozora, iya kalau turunpun harsu hati2 karena terjal, apalagi kalau naik butuh usaha keras

catatanbangriki.blogspot.com mengatakan...

Turunnya santai, naiknya setengah mati ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Astria tri anjani mengatakan...

Uwah yang tertinggi๐Ÿ˜ƒ
Bagi saya air terjun itu indah tapi kalau deket-deket agak ngeri juga. Apalagi kalau setinggi itu, ngeri lihat tebingnya, ditambah udaranya yang warbasyah banget....

Agus Warteg mengatakan...

Berarti air terjun Sipisopiso itu dekat danau Toba ya. Jadi bisa sekalian rekreasi kesana.

Tinggi juga air terjunnya sampai 120 meter, pantesan jadi air terjun tertinggi di Indonesia. Cuma sayangnya jauh dari Banten.

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Meski dilarang berenang di airnya, melihatnya saja sudah indah ya, Bu, apalagi hamparan Danau Toba pun terlihat, betapa indahnya.

Tira Soekardi mengatakan...

catatan bangriki, betul turun enak naik susah, ha,ha

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak astria, aku selalu menganggap suara jatuhnya air terjun itu spt nyanyian alam yang merdu didengar

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas agus bsia sekalian melihat danau toba

Tira Soekardi mengatakan...

iya pak, akhmad, bagi yang suka bikin puisi duduk di sana sudah bisa bikin puisi

Reyne Raea (Rey) mengatakan...

Keren Mba, kayak niagara versi mini ya Mba, udaranya juga asyik banget tuh :)

Erlina mengatakan...

Alirannya kaya pisau karena deras dan vertikal jatuhnya ya? Wah, jadi penasaran pengen lihat langsung, nih:)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak reyne , asri dan seger udaranya

Tira Soekardi mengatakan...

mbak erilina makanya suaar jatuhnya air juga jadi keras dan menderu

Mas Rahman mengatakan...

Wahh ..postingan yang menarik dan menghibur sekali...

Salam
Blog Jendela Rahman

Afreza Zeil Fahmi Azis mengatakan...

Salam kenal, Bagus tulisannya silakan kunjungi balik,

https://www.afrezazeilfahmiazis.com/?m=1

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas rahman

Tira Soekardi mengatakan...

salam kenal kembali mas fahmi

Annafi mengatakan...

Pemandangannya indah yaa

Siti Nurjanah mengatakan...

Wisata rekomendasi saat berkunjung ke Sumatera Utara
Aku udah pernah ke sini. Untuk menuju dasarnya tangga nya lumayan panjang

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak annafi

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak siti orang sanakah atau kayak aku yang datang ke sana sbg wisatawan

Posting Komentar