Sabtu, 08 Agustus 2020

Makam Proklamator INdonesia, Bung Karno



Siapa yang tak tahu pak Soekarno atau lebih sering dikenal dengan nama Bung Karno? Pastinya sudah tahu bukan? Proklamator bangsa Indonesia. Bung Karno sudah banyak menyumbangkan banyak tenaga maupun pikiran untuk bangsa Indonesia. Nah, kini makam bung Karno ada di Blitar. Banyak yang datang untuk berziarah ke makam Bung Karno. Makam ini akhrinya dijadikan tempat wisata religi dan sejarah. Kalau dulu makam bung Karno ditutup dengan kaca, sekarang sudah tidak lagi sehingga wisatawan bisa langsung mendekat ke makamnya.


Komplek makam bung Karno ini terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar, tepatnya di jalan Slamet Riyadi. Bung Karno dimakamkan dekat makam kedua orangtuanya. Nama orangtuanya adalah Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei . Luas makam ini seluas 1,8 ha. Ketiga makam itu ada di bangunan berbentuk joglo dan dikombinasikan dengan atap sisik ikan khas Sunda.Bentuk sirip ikan bersusun tiga. Ini sebagai simbol perjalanan hidup manusia mulai dari alam purwo atau kandungan , alam madyo atau kehidupan, dan alam wasono atau alam setelah meninggal. Di bagian ujung atapnya bentuknya lancip. Memiliki arti kepercayaan pada Tuhan. Dan atapnya ditopang oleh tiang dengan ukuran 1x1 meter. Bangunan khas Jawa yang diberi nama dengan nama Cungkup Astana Mulyo. Nisan dari makam bung Karno terbuat dari batu pualam yang ada tulisan Di sini dimakamkan Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat”. Sejak tahun 2001, makam ini sudah tak diberi kaca lagi saat pemerinathan presiden Abdurrahman Wahid.


Dalam komplek makam bung Karno ada tiga bangunan. Bangunan pertama,satu berupa makam tempat paar peziarah. Ada mesjid  di sebelah barat.Mesjidnya bernama R.Soekeni Sosrodihardjo. Ada bangunan yang luas yang ada maket kawasan makam di sebelah timurnya juga tempat beristirahat para pengunjung. Dan dikenal dengan nama bangsal Ida Ayu Njoman Rai. Tempat makam bung Karno ini memang ramai dikunjungi peziarah juga wisatawan. Selain makam di sini ada bangunan lain yang menarik yang mendukung wisata, seperti museum, perpustakaan,gazebo dan taman. Dimana di museum kita bisa tahu banyak certa tentang bung Karno.


Selain itu di sana ada taman yang asri sehingga komplek makam bung Karno ini menjadi destinasi wisata yang nyaman dengan fasilitas yang memadai. Jadi tak ada salahnya kalau ke Blitar, jangan lupa untuk mampir ke makam proklamator bangsa Indonesia. Dari sini kita bisa merenungkan betapa bung Karno memang wajib kita hormati sebagai anak bangsa yang sudah memberikan dasar penderi negara. Dengan perjuangannya bangsa Indonesia bisa memerdekakan diri dari penjajah. Dan kita bisa mengenang jasa-jasa beliau selama ini untuk bangsa kita. Duduk di dekat pusaranya dan membayangkan bagaimana pengorbanannya untuk bangsa ini, patut kita acungkan jempol untuk bung Karno. Bapak bangsa Indonesia. Semoga bung Karno berada di tempat yang damai dan jasa-jasanya akan selalu dikenang sepanjang masa.

19 komentar:

Farah Salsabila mengatakan...

gimana kak rasanya bisa mampir ke makam proklamator Indonesia? :D.
saya belum pernah sih ke sana kak

Sulis Nashwa mengatakan...

Wah senang sekali ya mbak bisa berkunjung ke makam proklamator Indonesia. Dengan berkunjung ke sana tentunya akan mengingatkan kita tentang semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sehingga nantinya kita bisa menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya.

Nurul Sufitri mengatakan...

Beberapa tahun lalu aku pernah mampir di Blitar untuk bersilaturhain acara pernikahan sodara. Padahal katanya lumayan jaraknya ke makam Bung Karno ga jauh2 amat. Tapi karena jadwal pas2an kami ga jadi deh berkunjung ke sana. Megah gitu ya makamnya. Suatu hari nanti semoga aja bisa ke Blitar lagi.

Tira Soekardi mengatakan...

mbak farah, dulu lagi smp ke sana hanya ada makam saja , sekarang sudah banyak penunjang untuk wisatanya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sulis, kdang ke makam orang yang besar itu terasa ada magisnya

Tira Soekardi mengatakan...

wah sayang ya mbak nurul, sekarang setelah jadi wisata, enak , dan banyak yang bisa dikunjungi

Boku no Blog mengatakan...

30 Tahun lalu saya kesana, sekarang sudah banyak berubah ya..

Astria tri anjani mengatakan...

Saya dari dulu suka banget cerita tentang bung karno sampai saya baca kisahnya mulai dari lahir sampai meninggal. Jadi pengen banget, suatu hari bisa datang ke makamnya secara langsung.

Adinizm mengatakan...

Belum pernah kesana, hiks.
Ke blitar berkali kali tapi cuma lewat doang

Hmmm perlu diagendakan kayaknya nih biar paham sejarah.

Tira Soekardi mengatakan...

wah sudah lama sekali ya boku

Tira Soekardi mengatakan...

mbak astria, di sana juga ada perpustakaan, bisa lihat rumah bung karno juga

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa ke sana mbak adinizm

dudukpalingdepan mengatakan...

Wah semoga nanti ada kesempatan ke Blitar dan berziarah ke makam tokoh proklamotor yang dibanggakan seluruh masyarakat Indonesia ini. Makasih ulasannya bun ^^

Tira Soekardi mengatakan...

dudukpalingdepan, semoga ya, di sana juag ada perpustakaan,museumnya

Surya mengatakan...

makam bersejarah, jadi pengen ke sana hehe

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas surya

Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️ mengatakan...

Aku selalu suka untuk pergi ke tempat-tempat bersejarah seperti ini, kak :D
Rasanya seperti diingatkan kembali akan perjuangan orang-orang di masa lalu yang kemudian menjadikan Indonesia seperti sekarang ini. Semoga nanti aku ada kesempatan untuk berkunjung dan juga lihat-lihat ke museumnya :D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak lia, aku juga suak abnget lihat museum dan tempat bersejarah

Ekopriantoblog.id mengatakan...

Wah ingin sekali saya rasanya sesekali berziarah ke makam bung karno,,,tapi belum sempat masih banyak kendala

Posting Komentar