Minggu, 31 Juli 2022

Ngerujak Bareng Anak Circle of Happiness

 


Wah kegiatan bikin rujak sih sudah biasa ya bagi yang memang suka rujak. Di rumah juga banyak orang yang suka ngerujak. Ngerujak bareng juga biasa. Tapi ini ngerujak bareng anak-anak Circle of Happiness luar biasa, karena beberapa anak belum pernah bikin rujak dan belum pernah ngerujak bareng teman-teman. Jadi paslah ya dilakukan kegiatan kali ini. anak-anak senang karena pengalaman yang baru dan manfaat dari makan bersama itu baik buat kebersamaan bagi anak-anak.

 


Rujak itu banyak variasinya yang ada di nusantara. Ada rujak buah ataupun rujak sayur. Dengan bumbu yang berbeda , rasa yang bervariasi. Rujak adalah camilan yang menyehatkan asal jangan terlalu pedas, karena terlalu pedas akan tak baik bagi lambung dan sistim pencernaan. Jadi rujak itu termasuk salad khas Indonesia. Ternyata rujak sudah ada sejak jaman dahulu. Ini terbukti ada dalam prasasti Taji Jawa Kuno pada jaman kerajaan Mataram. Dalam budaya Jawa rujak penting dalam acara tujuh bulanan wanita. Rujak yang dibuat akan disajikan untuk ibu hamilnya juga untuk tamu yang datang. Rujak di Indonesia banyak macamnya mulai dari rujak buah, rujak petis, rujak bebeg dan masih banyak lainnya.

 


Rujak yang kali ini dibuat adalah rujak buah saus bumbu kacang. Buah yang ada yang mudah didapat di pasar seperti mangga, jambu, bangkuang , mentimun dan pepaya muda. Jadi anak dibagi empat kelompok dan didampingi dengan kakak relawan. Mereka membagi tugas untuk mengupas buah-buahannya dan memotong menjadi bagian-bagian kecil. Tentunya anak-anak dalam pengawasan kakak relawan saat mengupas dan memotong dengan pisau. Anak-anak diajarkan cara mengupas dan memotong dengan benar. Anak-anak melakukan harus dengan hati-hati.  Untuk bumbunya beberapa kelompok membuat dua , satu yang pedas dan satu yang tidak pedas karena gak semua anak bisa makan pedas.  Dan setelah selesai semua tinggal menikmati rujaknya. Ada beberapa anak yang baru bisa bikin rujak dan merasakan rujak buah.

 


Selain nikmat dimakan siang hari saat panas-panas karena buah yang segar memang cocok dimakan saat udara panas. Juga buah-buahan ini memang punya banyak nutrisi yang baik yaitu vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak tentunya. Vitamin yang ada dalam buah adalah vitamin A,B,C,D,E,K. Mineral yang dikandung bisa zat besi, magnesium, natrium, kalium dan masih banyak lagi. Dimana vitamin dan mineral sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jelas buah penting. Makan buah dengan cara enak ya bisa dengan cara dirujak. Rasa asam pada beberapa buah bisa tertutupi dengan sambal kacangnya sehingga akan lebih enak dan gurih. Makanya rujak seringnya menggunakan buah yang tak terlalu matang. Justru kalau terlalu matang malah kurang enak saat dicampur dengan bumbunya. Jadi mau sehat bisa makan rujka buah.

 


 

2 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Duh rujak buah bikin ngiler ini mah, bikin rujak kayak gini jadi kegiatan seru saat ngumpul sama temen. Apalagi kalau buahnya hasil kebun sendiri, hemm. Kesannya beda ya kalau sama anak-anak, pinter banget udah bisa bikin rujak. Terima kasih sharingnya!

Tira Soekardi mengatakan...

memang asyik ya salad indonesia, semua pasti suka

Posting Komentar