Minggu, 26 Februari 2023

Anak Circle of Happiness Belajar Siklus Air

 


Kali ini anak Circle of Happiness belajar tentang siklus air. Mulai dari apa sih siklus air, bagaimana prosesnya yang ditampilkan dalam bentuk diagram, membuat skema siklus air dan terakhir mempresentasikannya di depan teman-temannya. Begitulah kegiatan kali ini banyak manfaat dan pembentukan karakter dari anak.

 

 

Siklus air adalah proses sirkulasi yang dialami oleh air yang terus menerus yang terdapat di atmosfer bumi. Dalam siklus ini air selalu dalam keadaan konstan/tetap tapi dalam penyebarannya di berbagai prosesnya terus berubah. Tahapan yang ada dalam siklus air . Pertama. Penguapan atau evaporasi. Jadi terjadi penguapan air dari laut, danau atau sungai akibat dari panas yang dipancarkan oleh matahari secara konduksi. Dalam proses ini air berubah menjadi gas/uap air.  Dimana gas/uap air ini akan membentuk awan . Kumpulan awan yang penuh akan uap air itu akan turun hujan. Air hujan yang akan diserap ke dalam tanah , dan sebagian mengalir ke laut, sungai dan danau. Begitulah seterusnya seperti siklus yang berputar.

 


Jadi pertama-tama saya menerangkan dengan sederhana bagan siklus air yang mudah dimengerti anak-anak. Terus diulang-ulang sampai anak jelas. Kemudian anak dibagi 4 kelompok . Masing-masing kelompok membuat diagram siklus air pada kertas dus bekas . dan dibuat sedemikian rupa sehingga menarik dan bisa digunakan sebagai alat perga. Setelahnya masing-masing anak memperesentasikan di depan teman-temannya dengan alat peraga yang telah dibuat. Masing-masing kelompok membuat gambar yang menarik dengan warna yang cerah sehingga akan terlihat menarik sebagai alat peraga.

 


Karakter yang bsia dibentuk di kegiatan ini

Kerja sama. Anak belajar bekerja sama untuk membuat bagan siklus air. Anak belajar mau berbagi tugas dengan temannya. Belajar saling membantu satu sama lain. Tak ada yang paling tapi sama-sama bekerja.

Kreatif. Membuat bagan siklus air ini tentu harus bagus dan menarik sehingga membuat anak mau belajar dengan melihat bagan ini. Akibatnya anak-anak harus kreatif membuat bagannya semenarik mungkin.

Komunikasi. Segala sesuatu dalam hal pengerjaan harus dikomunikasikan antar teman. Harus mau mendengarkan kata teman. Saling mendengarkan untuk apa yang akan dilakukan dalam hal pengerjaan bagan.

Ketrampilan motorik halus. Menggunting dan menggambar, mengelem adalah melatih ketrampilan motorik anak. Jangan salah masih banyak anak yang menggunting masih belum bisa lurus.

Percaya diri. Anak mempunyai kemampuan percaya diri karena mampu menerangkan siklus air di depan teman-temannya.

Kemampuan menyusun kalimat. Anak jadi punya kemampuan menyusun kalimat untuk menerangkan siklus air.

Menambah ilmu. Anak akan lebih mengetahui siklus air , prosesnya dan bagannya.

 


Dan dengan karakter anak yang bisa dibentuk akan membuat anak akan terus belajar dan menumbuhkan karakter mereka dari waktu ke waktu lewat banyak kegiatan. Siklus air ini dipelajari dengan hasil yang bisa dilihat secara langsung. Jadi buatlah kegiatan yang bisa memiliki manfaat untuk pembentukan karakter anak .

 


 


5 komentar:

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

keren.... anak anak dirangsang untuk menjelaskan siklus air dengan kalimat sendiri...

Tira Soekardi mengatakan...

Betul

celotehnur54 mengatakan...

Hebat. Siswa aktif karena gurunya kreatif dan produktif.

Tira Soekardi mengatakan...

Makasih

Nurul Sufitri mengatakan...

Wah, yang ini anak2 belajar tentang siklus air. Sungguh anak2 produktif yang semangat berkarya nih. Bunda Tira juga keren selalu aktif dan menemani mereka. Sehat2 ya bun.

Posting Komentar