Minggu, 12 Mei 2024

 


Kali ini bersama Usep mendatangi museum Indonesia Menggugat. Letaknya di jalan Perintis Kemerdekaan 5 Bandung, letaknya menyempil sehingga tidak terlihat jelas dan tanda museumnya juga tak ada. Tadinya sempat ragu tapi saat di dinding luar gedung ada tulisan Indonesia Menggugat akhirnya masuk ke dalam halaman yang luas. Di depannya ada pohon besar dan di bawahnya ada batu peresmian museum ini oleh Megawati Soekarnoputri. Dan dari kejauhan terlihat bangunan khas Belanda dengan cat putih dan jendela yang besar dan tinggi.

 

 


Dulunya gedung ini adalah tempat tinggal warga Belanda yang dibangun tahun 1907 dan tahun 1917 berganti menjadi gedung pengadilan  dan Soepriadinata jalan di tempat gedung ini dikenal dengan nama jalan  Landraadweg. Banguan ini memang tak tampak sebagai kantor pengadilan karena dulunya tempat tinggal. Tahun  1930 digunakan untuk mengadili pejuang kemerdekaan seperti Maskoem, Soemandireja, Soekarno, Gatot Mangkoepradja dan Soepriadinata. Mereka diadili karena dituduh akan menggulingkan pemerintahan Belanda dimana proses pengadilannya cukup lama antara bulan Agustus sampai Desember tahun 1930. Dan Ir Soekarno memberontak pada sidang pengadilan tersebut dan membuat pembelaaan atau pledoi dengan judul Indonesia Menggugat. Dan ternyata pembelaaan beliau membuat takut pemerintahan Belanda. Makanya gedung bersejarah ini disebut dengan gedung Indonesia Menggugat dan yang menginisiasi adalah Gubernur Jawa Baart HC Mashudi tahun 2015.

 


 


Memasuki gedung ini akan terlihat lorong panjang yang diapit dua kamar di sisi kiri dan dua kamar di sisi kanan. Kaamr pertama di sebelah kanan berupa tempat pengadilan. Di dalam terdapat meja panjang dengan tiga kursi . Sebelah kiri ada bendera merah putih. Ini uang pengadilan pada saat itu. Di dinding terdapat beberapa tokoh yang diadili saat itu. Sebelah kiri kamar pertama ruang tunggu bagi jaksa dan hakim. Di lorong terdapat cuplikan surat kabar tentang Ir Soekarno. Kamar kedua di sebelah kanan tempat para terdakwa beristirahat sebelum dipanggil ke dalam sidang.  Masuk ke dalam ada ruangan perpustakaan . Buku-buku ini disumbangkan oleh pecinta sejarah. Dan ada ruang atau aula besar yang bisa digunakan untuk aktivitas warga atau komunitas . kegiatan seperti seni, seminar , puisi dan diskusi.

 


Memang gedung yang tak terlihat besar tapi di gedung inilah sejarah perjuangan Ir Soekarno dan teman-teman lainnya . Gedung ini mengingatkan kita tentang perjuangan pejuang kita. Maka setidaknya dengan datang ke sini kita bisa meresapi apa yang terjadi dulu dalam gedung ini. Sebagai bukti perjuangan anak bangsa untuk Indonesia.

 


 


2 komentar:

Ainun mengatakan...

seru kalau bisa belajar sejarah langsung di tempat yang dulunya memang digunakan oleh pahlawan kita untuk mewujudkan kemerdekaan
apalagi museum Indonesia menggugat ini masih terawat dengan baik, pengunjung dijamin betah berlama-lama belajar sejarah disana

Tira Soekardi mengatakan...

Betul dan adem banget

Posting Komentar