Minggu, 09 Juni 2024

 


Kali ini anak Circle of Happiness belajar tentang gigi. Anak-anak harus tahu gigi karena merupakan bagian dari tubuh manusia. Dan tentunya gigi punya jenis dan fugsinya . Begitu juga jumlah dari gigi saat masih kecil dan dewasa berjumlah berbeda. Jadi saat kecil giginya dikenal dengan gigi susu. Gigi susu ini hanya sementara yang kelak akan tanggal dan digantikan dengan gigi tetap. Gigi susu umumnya mulai tumbuh 6-10 bulan dan mencapai jumlahnya usia 16 bulan. Biasanya mulai tanggal sekitar anak berumur 5 tahun .

 


Gigi tetap adalah gigi yang tak mungkin tanggal lagi kecuali kalau keropos atau ada hal lain yang menggangu . Gigi tetap ada gigi seri yang berjumlah 4 di atas dan 4 di bawah. Fungsinya gigi seri adalah untuk memotong. Gigi taring berjumlah 2 di bawah dan 2 di atas. Gigi taring berfungsi untuk mencabik. Dan yang terakhir adalah gigi geraham yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Jumlah dari gigi geraham adalah 10 di bagian atas dan 10 di bagian bawah . Jadi jumlah semua gigi berjumlah 32 buah.

 


Nah, anak-anak Circle of Happiness mau belajar tentang gigi dalam hal jenis dan fungsinya. Maka dari itu perlu sekali alat peraga agar nanti anak-anak lebih mudah untuk menerangkan jenis gigi dan fungsinya.

 


Alat yang dibutuhkan

Kertas jeruk

Gunting

Kertas HVS

Alat tulis

Lem

 

Cara membuatnya

Kertas jeruk dibagi menjadi dua . Gambar setengah lingkaran , kemudian digunting sehingga akan nampak bentuk setengah lingkaran dan lipatan di bagian tengahnya. Akan terlihat bentukan rongga mulutnya. Lalu dari kertas HVS dibuat gambar empat gigi seri dan dua gigi taring unuk bagian bawah dan atas. Sedangkan untuk gerahamnya dibuat dengan cara kertas HVS ukuran kecil diremes-remes sampai berbentuk bulat sebanyak 20 buah. Kemudian bagian gigi seri dan taring ditempel di atas dan di bawah di bagian depan. Sedangkan bulatan ditempelkan di bagian atas dan bawah sebanyak 10 di atas dan 10 di bawah.

 

Setelah alat peraga selesat dibuat , anak-anak mulai berlatih untuk bicara di depan untuk menerangkan jenis dan fungsi gigi. Dengan alat peraga anak-anak lebih mudah untuk menerangkannya. Nah, dari kegiatan ini banyak manfaat yang bisa diambil oleh anak-anak seperti

Menambah wawasan tentang gigi yaitu jenis gigi, jumlah dan fungsinya

Meningkatkan rasa percaya diri

Meningkatkan kemampuan presentase di depan

Kreatif dalam membuat alat peraga.

Meningkatkan kemampuan menyusun kalimat yang baik.

 

Nah, mungkin bagi guru-guru atau orangtua yang mau mengajari anak-anak tentang gigi metode atau cara ini bisa digunakan . Hal ini terlihat anak-anak akan lebih memahami karena mereka praktek membuat alat peraga sendiri sehingga lebih mudah teringat dalam memori mereka. Selamat mencoba

 

 

10 komentar:

Danie mengatakan...

Seru ya Bun, belajar sambil praktek. Daripada hanya teori, bikin ngantuk.

Tira Soekardi mengatakan...

Betul sekali, juga lebih mudah diingat

erykaditya mengatakan...

kegiatannya sangat bermanfaat sekali ini bunda..melatih ingatan melatih kreatifitas dan melatih keberanian juga untuk tampil di depan umum

Tira Soekardi mengatakan...

Betul, lengkap

Fanny_dcatqueen mengatakan...

Baguuus kegiatannya mbaa 👍👍. Mengajarkan anak juga utk lebih paham ttg susunan gigi, apalagi krn mereka buat sendiri peraga nya. Biasanya segala sesuatu yg kita buat sendiri lebih mudah utk dipahami kan.

Dan anak juga jd kreatif dengan membuat begini

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

seperti biasa: kreatif dan tetap semangat.

Tira Soekardi mengatakan...

Makasih

Tira Soekardi mengatakan...

Betul mbak, aku mau memberikan ini agar anak2 lbh kreatif dan percaya diri , gak monoton spt di sekolah

Nurul Sufitri mengatakan...

Waaah, kali ini anak2 circle belajar tentang gigi ya. Keren! Semakin bersemangat dan kreatif dalam menggali pengetahuan dan wawasan bersama bunda ini sangat patut diapresiasi. Lanjutkan bun :)

Tira Soekardi mengatakan...

Makasih

Posting Komentar