Kamis, 28 Januari 2010

Yuk.....Belajar....Yuk!!!!!

Belajar kimia yang asik tentunya. Yang ini saya terapkan ketika mengajar tentang zat mana saja yang mudah larut dan mudah mengendap yang merupakan bagian dari stoikiometri larutan asam dan basa. Tentunya untuk mengadakan permainan di kelas ada yang harus dicermati anak sudah siap dengan materi belum. Kalau belum siap tentunya permainan itu tidak akan memberi keuntungan tetapi menjadi permainan tanpa makna.

Biasanya saya sebelum mengadakan permaianan tersebut , untuk melihat kesiapan siswa dengan cara melakukan tes lisan terlebih dahulu. Jika semua siswa bisa menjawab pertanyaan berarti siswa sudah siap dengan materi, baru saya melakukan permainan.

Salah satunya tentang larut dan mengendap. Anak-anak sudah hafal mana senyawa yang mudah dan sukar mengendap. Dimulai dengan menyanyikan lagu dari Mbah Surip, yaitu tidur lagi yang kata-katanya diubah menjadi larut lagi, ngendap lagi , kemudian ketika ada kata larut siswa mengayunkan tangan ke atas dan bila ada kata mengendap siswa mengayunkan tangan ke bawah.

Ini foto ketika anak -anak menyanyikan lagu itu dimana ketika ada kata larut tangan diayunkan ke atas.



Sesudah menyanyi , kemudian setiap anak diberi pertanyaan tentang senyawa ini mudah larut dan mengendap tapi anak menjawab bukan dengan kata-kata tetapi dengan gerakan. Kalau larut tangan ke atas dan kalau mengendap tangan ke bawah. kalau sudah setiap anak bisa, baru seluruh anak. Nah, disinilah serunya, ketika dilakukan bersama-sama anak-anak kadang-kadang jadi bingung sehingga sering melakukan kesalahan. Tentunya bila melakukan kesalahan harus ada sangsinya yaitu berupa hukuman yang diberikan oleh teman-temannya. Seru banget!!!!

Ini foto ketika ada 4 siswa yang kena hukum dan hukumannya harus joged dengan lagu goyang duyunya project pop.



Larut dan mengendap adalah salah satu bagian materi dari larutan asam dan basa. Ketika bab asam dan basa selesai diadakan ulangan tertulis dan dilanjutkan dengan tes lisan. Siswa sudah bisa melihat hasil yang mereka peroleh , yang kurang bisa ditambah dengan nilai tes lisannya.

Biasanya setelah selesai ulangan suatu bab, diadakan permainan antar kelompok. Kelas ini dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok hijau dan merah. permaianan berupa catur jawa, dimana setiap kelompok harus bisa menyusun 3 bulatan secara diagonal, horisontal atau vertikal. Dimana setiap titik anak harus menjawab pertanyaan terlebih dahulu. Setiap pertanyaan mendapat point 10 , kalau tidak bisa menjawab minus 10. Dan bila bisa menyusun 3 bulatan mendapat poin 50.

Ini foto papan catur jawa, ada titik-titik yang harus ditempel dengan bulatan untuk disusun menjadi 3.



Dan ini foto ketika kelompok merah lagi berdiskusi untuk menaruh bulatan merah agar kelompok hijau tidak dapat menyusun 3 bulatyan secara berututan



Seru sekali setiap kelompok berusaha untuk mendapatkan nilai yang tertinggi dan secara tidak sadar mereka telah menyimpan banyak hafalan di otak mereka. Tentunya ini melegakan gurunya karena tidak perlu susah payah mengupayakan mereka untuk menghafal.

Dari sini kita bisa lihat dengan permainan yang sederhana kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Anak senang , gurupun senang dan proses belajarpun makin lancar!!!! Dan satu lagi keakraban akan langsung terjalin antara siswa dan guru, sehingga kalau kita masukan nasihat-nasihat akan lebih didengar .Bravo!!!!!