Minggu, 27 Januari 2019

Merayakan Hari Ibu Dengan Belajar Mendongeng




Kali ini perayaan hari ibu agak beda dari tahun lalu. Waktu pentas seni tahun lalu memang anak-anak memperagakan dongeng tapi mereka hanya menggerakan properti boneka . Dan ada yang memberikan narasinya. Tentu hal ini kurang bagus kalau yang bicara hanya dua orang dan yang lain hanya menggerakan bonekanya. Jadi aku berkesimpulan anak-anak juga perlu belajar mendongeng.  Tentunya disesuaikan dengan kapasitas mereka yang masih pelajar sekolah dasar.




Apa Manfaat belajar mendongeng?
Pertama yang terpikirkan saat mau membuat kegiatan belajar mendongeng adalah mengajarkan anak berani bicara di depan orang banyak. Ini perlu dilatih semenjak kecil karena kemampaun berbicara di depan orang banyak ini kelak bermanfaat.  Selain itu memupuk rasa percaya diri. Dengan bicara di depan rasa percaya diri anak akan meningkat , apalagi kalau sering dilakukan sehingga anak-anak menjadi mahir bicara di depan.  Dengan belajar mendongeng juga memperkaya kosa kata anak. Akan ada banyak kata baru yang bisa dipelajari. Belajar karakter tokoh yang ada dalam dongeng. Anak-anak juga akan mempunyai daya imajinasi yang kuat dan lebih kreatif.


Pelaksanaan belajar mendongeng
Anak-anak dibagi menjadi lima kelompok  dan masing-masing kelompok dibimbing oleh kakak relawan. Pertama anak-anak membuat properti dongeng dengan membuat boneka dengan menggunakan kertas atsuro. Mereka bebas berkreasi dengan properti bonekanya. Sedangkan kakak relawan membuat ceritanya dengan tema ibu. Berhubung saat kegiatan  memang berdekatan dengan hari ibu. Dan setelah anak-anak selesai membuat properti boneka , anak-anak belajar mendongeng terlebih dulu sebelum tampil di depan. Kakak relawan membantu mereka untuk berbicara sesuai dialog. Belajar intonasi dan irama saat berdialog. Baru mereka bisa tampil di panggung boneka.



Panggung Boneka
Setiap kelompok maju ke depan .Di sana ada meja kecil untuk menaruh properti bonekanya agar bisa digerak-gerakan. Anak-anak berada di belakang meja. Masing-masing kelompok tampil dengan cerita yang berbeda walau tema sama. Masih banyak kekurangan karena masih banyak anak yang kurang percaya diri. Kadang ada yang lupa dialognya saat sudah tampil di depan. Tak mengapa, karena ini belajar. Belajar adalah proses panjang. Butuh waktu agar mereak bisa berproses. Tentu akan ada lagi kegiatan belajar mendongeng selanjutnya agar mereka terlatih dengan baik. 


Tukar hadiah.
Kegiatan ini diakhiri dengan tukar-tukaran kado. Mereka sudah diberitahu untuk membawa kado yang harus dibungkus koran tanpa nama dengan harga maksimal 15 000 rupiah. Dan setiap hadiah diberi nomer. Anak-anak mengambil undian kertas yang berisi nomer. Dan anak yang mendapatkan nomer akan mendapatkan kado dengan nomer yang sama. Wah seru juga dan masing-masing tdak sabar untuk membuka apa isinya. Saat sudah mendapat aba-aba untuk boleh dibuka, mereka langsung membuka kadonya. Semua tampak gembira walau mungkin kadonya tak berkenan di hati . Mereka pulang dengan gembira. Kegiatan kali ini begitu bermanfaat bagi anak-anak. Semoga apa yang diberikan hari ini benar-benar bisa teringat dalam memori mereka dan mereka bisa mengambil manfaatnya.



38 komentar:

Anisa mengatakan...

Seru banget ya ada kegiatan belajar mendongengnya, aku juga ingin nih belajar juga

Meiga mengatakan...

Wah ada hadiahnya juga, itu yang paling ditunggu oleh anak-anak tuh hehe

Alvi mengatakan...

Pasti anak-anak suka nih dengan kegiatan yang seperti ini

Sasa mengatakan...

Ide yang bagus itu bikin acara seperti itu, selain menghibur juga sekalian belajar

Diana mengatakan...

Seru banget aku juga jadi mau belajar mendongeng juga nih wkwk

Enny Ratnawati mengatakan...

wahhh keren mbak acaranya...dulu aku jg sering mengadakan "lomba" dongeng anak2..dua anak disuruh ngarang cerita sendiri trus disuruh maju kedepan. ibunya jd juri hahaha

Enny Ratnawati mengatakan...

wahhh keren mbak acaranya...dulu aku jg sering mengadakan "lomba" dongeng anak2..dua anak disuruh ngarang cerita sendiri trus disuruh maju kedepan. ibunya jd juri hahaha

Muhammad Irsyad mengatakan...

Bermanfaat banget kegiatan kayak gini buat anak-anak disekitar lingkungan kita. Mereka dilatih berkegiatan positif ditengah arus informasi yang mengancam masa bermain mereka

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

itu mbak meiga, buat tuker2an hadiah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alvi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sasa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mba diana anak hrs banyak belajar

Tira Soekardi mengatakan...

wah keren itu mbak enny

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas irsyad, dengan begitu mereka lupa sama gadget

Dee_Arif mengatakan...

wah seru ya , apalagi anak2 terlibat dalam menyiapkan semuanya..
inspiratif :)

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak dee

Heizyi mengatakan...

Keren nih idenya, tapi aku tuh tak pandai mendongeng... hahaha

Uwien Budi mengatakan...

Serunya, Mah. Aku pun pengin ngajarin anak mendongeng.

Tira Soekardi mengatakan...

makasih heizyi

Tira Soekardi mengatakan...

iya seru mbak uwien

Abeng Sagara mengatakan...

jadi inget dulu kalau mau tidur selalu dibacain dongen nabi nabi sama eyang. Saya justru lebih dekat sama eyang daripada ibu, haha

Lia Lathifa mengatakan...

Bener bu, melatih anak berani tampil bicara itu susah2 gampang ya, gak semua anak percaya diri. Bagus banget kegiatannya bu

Tira Soekardi mengatakan...

wah aku juga deket sama eyang soalnya suka dongeng, mas abeng

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak lia, melatih sejak dini, aku punya murid sudah SMA tp kalau disuruh tampil di depan gak mau , kalau mau itupun tergagap2

Naya mengatakan...

Wah.. keren, aku paling suka mendongeng buat anakku menjelang tidur. Dengan dongeng, daya imajinasi anak kita akan kuat dan lebih kreatif... Dengan mendongeng juga adl salah satu caraku menghindarkan anak-anak dari ketergantungan gadget..

Siska Dwyta mengatakan...

Wah kegiatan belajar mendongengnya seru banget ya mbak. Yip, bermanfaat sekali bila sedari kecil anak2 sudah dibiasakan belajar berbicara di depan.

Wardhina Ayu mengatakan...

Wah seru banget kegiatannya.. aku baru belajar sedikit sedikit ke adikku sendiri :D

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak naya, gadget bikin anak terpaku dan kurang gerak ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mabk siska , janagn sampai besar kesulitan bicara di depan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ayu

Sandra Hamidah mengatakan...

PR banget nih mendongeng sama anak, tfs ya buk

nian astiningrum mengatakan...

Bagus banget kegiatannya mbak.. sangat bermanfaat untuk anak-anak :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya harus itu mbak sandra

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak nian

michelle mengatakan...


bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Rai Vinsmoke mengatakan...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar