Minggu, 20 Januari 2019

Yoga Bagian Dari Pola Hidup Sehat



Sumber gambar : www.pixabay.com
 

Ternyata semakin bertambah usia semakin mengerti kalau kita harus punya pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat selain dari makanan juga aktivitas olahraga juga harus diperhatikan. Sekarang aku juga lebih memilih makanan dengan banyak sayuarnnya dan buahnya. Karena aku termasuk yang tidak mahir masak tentunya penyediaan sayuran aku cari cara yang mudah. Biasanya aku suka bikin pecel atau gado-gado sayur. Membuatnya mudah dan kita bisa pilih jenis sayuran yang kita suka. Untuk aktivitas aku lebih menyukai jalan pagi. Setiap hari menyempatkan diri jalan kaki pagi dan ini juga tak terlau lama, minimal 30 menit Kebetulan aku ingin punya aktivitas olahraga lainnya yang bisa memenuhi agar aku bisa melakukan olahraga tambahan. Dan suatu saat aku melihat teman-temanku di griya kriya melakukan yoga. Walau mereka berkebutuhan khusus ternyata aku melihat mereka menikmatinya. Jadi aku memutuskan untuk mengikuti yoga. Dan aku ikut di tempat yoga dimana teman-temanku belajar juga.

Yoga itu apa?
Yoga dari bahasa sansekerta yang artinya penyatuan, penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan sang pencipta. Masarakat global lebih mengenal yoga sebagai aktivitas postur.Ternyata pertama kali ikutan yoga seluruh badan pegal , mungkin karena tubuhku memang sangat kaku sekali. Untungnya pelatihnya tak pernah memaksakan aku harus bisa mengikuti gerakan-gerakan yang sulit. Jadi sesuai dengan kemampuan. Dan ini membuat aku tenang, karena aku juga takut kalau cidera tapi pelatihnya membuat aku merasa nyaman. Setelah dua bulan ikutan yoga aku mulai merasakan hasilnya. Walau tubuhku sudah mulai bisa lentur walau belum sempurna tapi aku merasakan sekarang aku jarang klieng-klieng karena tekanan darah rendah. Dan ini membuat aku lebih semangat meneruskan yoga. Dan akhirnya akupun membeli matras dan tas untuk matrasnya.

Manfaat yoga
Jadi aku merasakan kalau tensi rendah aku tak kambuh lagi, maka masih banyak manfaat lain lagi kalau kita rutin melakukan yoga
1.      Mengurangi stres. Karena beberapa gerakan yoga memang bisa membuat relaksasi sehingga menjadi tenang.Karena pikiran kita dibawa ke alam relaksasi.
2.      Menjaga kebugaran tubuh dan stamina.Gerakan yoga bisa menstimulasi setiap bagian tubuh untuk tetap bergerak aktif.
3.      Membentuk tubuh ideal. Gerakan yoga juga bisa membakar lemak dan mempengaruhi otot-otot tertentu untuk membentuk tubuh.
4.      Bisa meningkatkan gairah seksual. Karena yoga membuat aliran darah lancar sehingga membuat hormon-hormon bisa bekerja lebih baik.sehingga gairah seksual akan meningkat dan kemamuan koneksi intim dengan pasangan.
5.      Meningkatkan pernafasan. Yoga bisa memperbaiki pernafasan karena mengajarkan pernafasan panjang dan perlahan sehingga bisa memperluas kapasitas paru-paru.
6.      Meningkatkan daya ingat. Hal ini karena gerakan yoga dituntut untuk konsentrasi penuh.

Apakah yoga boleh?
Yoga memang berhubungan dengan agama tertentu dan banyak gerakan yoga juga untuk digunakan untuk meditasi . Tapi itu kalau berhubungan dengan ritual agama. Dan Yoga sekarng yang banyak ditemui sudah bukan lagi merupakan bagian dari agama tertentu tapi lebih ke olahraga pernafasan.Bahkan sudah banyak mengalami perubahan dalam gerakannya. Jadi tak masalah kalau kita melakuakn yoga, tidak haram untuk melakukannya. Bahkan banyak jenis yoga yang diciptakan yang dipadukan dengan beberapa alat yang ada .Intinya adalah pernafasan. Gerakan bisa disesuaikan.

Amankah yoga?
Aman selama kita mengikuti instruksi pelatih dan apalagi kalau pelatihnaya tak permah memaksa langsung bisa semua gerakan,tapi dengan sedikit demi sedikit. Seperti diriku, aku merasa nyaman saat pelatihnya tak pernah memaksa aku harus langsung bisa. Sedikit demi sedikit tubuhku sudah mulai lentur walau belum sempurna. Jadi sangat amanlah. Tentu aku akan berusaha untuk terus rajin yoga untuk membuat tubuh sehat dan tentunya banyak manfaat bagi tubuhku. Jadi yang berminat ikutan yoga bisa mulai dari sekarang.


43 komentar:

Anisa mengatakan...

Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

Meiga mengatakan...

Yoga memang penting ya untuk tubuh kita

Alvi mengatakan...

Ternyata yoga ada banyak ya manfaatnya :D

Sasa mengatakan...

Thanks your for sharing

Diana mengatakan...

Ternyata yoga juga bisa membuat tubuh menjadi ideal ya

Sera Wicaksono mengatakan...

Banyak ya manfaatnya, boleh juga sepertinya saya coba, makasih sharingnya

Nur Rochma mengatakan...

Banyak manfaat yoga, jadi pengen ikut. Apalagi kalau bisa membentuk tubuh ideal. Penting nih buat saya.

Nurul Mutiara RA mengatakan...

Yoga memang membawa ketenangan bagi tubuh. Salah satu bentuk relaksasi :D

Eri Udiyawati mengatakan...

Saya juga tertarik untuk olahraga yoga, tapi di daerah saya sepertinya masih langka. Yoga memang bagus untuk kesehatan, terutama untuk menghilangkan stress..

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak meiga

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alvi

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak sasa

Tira Soekardi mengatakan...

yang pasti mbak diana, saya gak pernah lagi klieng2 gaar2 ikutan yoga

Tira Soekardi mengatakan...

bisa dicoba mbak sera

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nur, kalau aku yang penting bisa sehat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nurul, mengatur pernafasan bikin kita relaksasi

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak eri, semoga kelak akan ada studio yoga di sana

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Yoga selain utk olahraga ringan tapi bisa dikatakan untuk rileksasi, apalagi ketika dilakukan di alam terbuka bertema alam.
kegiatan yoga ini mulai digandrungi saat ini.

Yas Marina Dewi mengatakan...

Uraian Mba tentang yoga sangat menjawab rasa penasaran saya. Sampai saat ini terus terang suamiku masih berpandangan yoga itu lekat dengan agama tertentu. Jadi saya belum berani ikutan.

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Wahh ternyata manfaatnya sebanyak itu ya mbak, aku pernah yoga tapi cuma sesekali aja

Muhammad Irsyad mengatakan...

Baca ini jadi keinget diri sendiri, belakangan pola hidup mulai nggk sehat. Harus ubah pola nih,
btw cowok bisa yoga nggak sih mba? kok kayaknya jarang dan aneh aja ya bagi cowok? atau saya aja yang kudet hehe

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak siethi , aku dapat manfaatnya makanya aku teruskan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak marina, yoga lebih ke pernafasan, jd kita diajarkan untuk mengatur pernafasan saat melakukan gerakan shg tak berat

Tira Soekardi mengatakan...

oh gt mbak ursula, aku krn dapat manfaatnya jd berusaha dirutinkan

Tira Soekardi mengatakan...

bisa mas irsyad, saat aku latihan yoga lumayan ada cowoknya bahkan pelatihnya cowok juga

Mporatne mengatakan...

Yoga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan tubuh.

Untuk merasakan manfaat yoga maka Kita harus bisa rajin yoga walau di selimuti hujan dan rasa malas

Tira Soekardi mengatakan...

betul mporatne

Nining mengatakan...

Pas hamil kemarin aku rutin kembali olahraga yoga mbak, karna manfaatnya emang kerasa sekali. Paling kerasa itu di kulaitas tidur kita malam harinya, nyenyaaaak banget. Itu yang paling kusuka, selain mengurangi backpain selama hamil.

Mugniar mengatakan...

Kalau yang terbiasa melakukan yoga, hidupnya jadi lebih sehat ya Mbak

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nining, tdrnya nyenyak sekali ya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

Ruli Retno Mawarni mengatakan...

Yoga itu kayanya susah banget ku lihat, harus ada instrukturnya ya tajut kalo ada salah gerakan

Muyassaroh mengatakan...

Jadi, mikir juga usia semakin bertambah, jangan sampai terlambat memulai pola hidup sehat. Selama ini masih seenaknya..hiks

Tira Soekardi mengatakan...

memang sulit dan berat mbak ruli, mknya kalau mau yoga rasanya hrs kuatkan hati tp krn aku banyak mendapatkan manfaatnya jd lanjut

Tira Soekardi mengatakan...

yuk atuh hidup sehat mbak muyassaroh sebelum terlambat

Sandra Hamidah mengatakan...

Saya ngga suka. Yoga, sukanya zumba soalnya ngga sabaran sih hahah

Tira Soekardi mengatakan...

wah kalau aku zumba sudah gak kuat secara umur sudah setengah abad mbak sandra

Nurul Sufitri mengatakan...

Tadinya aku niat yoga mulai 2019 ini. EEeeehhh ga jadi, emang dasarnya demen berenang hehehe. Kalo yoga ntar jadi lelet wkwkwkwk :D

Tira Soekardi mengatakan...

mbak nurul setiap orang punya passion sendiri dalam olahraga, nyamannya dimana gitu ya

michelle mengatakan...

bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

obat kuat viagra asli mengatakan...


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
toko viagra asli
jual viagra asli
jual pil biru
toko pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
viagra jakarta
viagra di jakarta
viagra asli jakarta
viagra asli di jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat di jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
jual viagra di jakarta
toko viagra jakarta
toko viagra di jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko obat kuat jakarta
toko obat kuat di jakarta
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel asli
titan gel
jual titan gel
toko titan gel
obat cialis
obat kuat cialis
jual cialis
toko cialis
cialis asli
cialis jakarta
cialis asli jakarta

Rai Vinsmoke mengatakan...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar