Selasa, 24 Januari 2012
Wirausaha dari kata wira artinya ksatria, unggul, pejuang sedang usaha artinya kerja melakukan sesuatu. Jadi wirausaha adalah orang tangguh yang melakukan sesuatu. Ini arti wirausaha dari arti katanya..tapi secara umum artinya semangat/sikap dan kemampuan seseorang dalam meramu kegiatan dalam upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi denganmeningkatkan efisien dalam rangka memberikan pelayanan lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Kewirausahaan sangatlah penting di jaman ini karena banyak diperlukan orang-orang yang mau berwirausaha agar bisa membuka lapangan pekerjaan buat orang lain. makanya kewirausahaan banyak dimasukkan dalam dunia pendidikan. karena pendidikan kewirausahaan selain memberi pengetahuan tentang kewirausahaan sendiri juga bisa membentuk karakter seseorang tapi sayangnya pendidikan kewirausahaan di sekolah baru menyentuh pada pengenalan norma/nilai-nilai dan belum pada tingkatan yang nyata.
Kebetulan di sekolah kami SMA Santa Maria 2 Cirebon diadakan Bisnis Day dimana kegiatan ini adalah kegiatan yang nyata dari aktivitas wirausaha. Pada hari itu setiuap siswa diberi kesempatan berkelompok untuk menjual sesuatu pada saat bisnis day tersebut. kelas XII IPA membentuk satu kelompok karena muridnya sedikit dan mereka menjual roti bakar satu rasa dan dua rasa dan jagung rebus yang dipipil lalu diberi meses, keju dan susu.
Dalam usaha tentunya perlu sistim jemput bola dimana siswa menawarkan jualannya berkeliling ke lingkungan sekolah. Ternyata jitu juga jualannya laku dan ludes.
Ternyata dari kegiatan ini bisa memupuk kebersamaan, kerja sama tim, kekompakan, saling bantu, kegembiraan dan meningkatkan kemampuan berwirausaha. Bila hal ini dipupuk dari kecil tentunya bisa menciptakan jiwa wirausaha yang mumpuni dan kelak bisa dikembangkan....
Label: kegiatan kelas
Selasa, 10 Januari 2012
Pada pemblajaran kimia ada bab tentang asam dan basa dan ini adalah bab yang penting karena bab ini cukup pnting karena nantinya berhubungan dngan bab buffer dab hidrolisis garam.kalau kita lihat ciri asam adalah senyawa yang bila dilarutkan dalam air trurai mnjadi ion Hidronium sedangkan basa adalah senyawa yang bila dilarukan dalam air terurai jadi ion hidroksida.Jadi agar siswa lebih cepat memahami tentang membedakanasam dan basa secara cepat maka dibuat games dimana setiap siswa masing-masing diberi kertas persgi yang bertuliskan asam dan basa. Yang bertuliskan asam dipegang di tangan kanan dan yang bertuliskan basa dipegang di tangan kanan. Dan bila di papa ditunjuk snyawa asam maka siswa harus mengangkat tangan yang memegang kertas bertuliskan asam sambil menyebutkan kata asam , begitu pula kalau ditunjuk saenyawa basa maka tangan yang memegang tulisan basa diangkat keatas......Nah, bila sudah lancar, masing-masing siswa diuji satu persatu dan dilihat mana yang banyak melakukan kesalahan ,...dan dicatat.....
Asam dan basa juga berdasarkan kekuatannya dibagi menjadi asam kuat dan asam lemah dan basa kuat dan basa lemah. Nah bila asam kuat itu terurai seluruhnya di dalam air sedang asam lemah hanya sebagian begitu juga dengan basa kuat akan terurai seluruhnya sedang basa lemah terurai sebagian.Kemudaian dibuatkan lagu dari lagu balonku yang kata-katanya diganti seperti
Kupunya asam kuat terurai seluruhnya
kupunya asam lemah terurai sebagian
kupunya basa kuat terurai seluruhnya
kupunya basa lemah terurai sebagian
Goyang asam, goyang basa, putar kekiri , putar kekanan dinyanyikan dua kali
Bila ada kata kuat siswa berdiri dan tangan diangkat menunjukan kekuatan dan bila ada kata lemah siswa jongkok. Bila ada kata seluruhnya siswa membuat lingkaran penuh dengan kedua tangannya dan bila ada kata sebagian siswa membuat gerakan membelah sebagian. Bila ada goyang asam siswa menggoyangkan pinggul keatas kalau goyang basa kebalikannya dan putar kekiri dan kekanan , badan harus berputar kekiri dan kekanan. Jadi siswa belajar asam kuat/lemah dan basa kuat/lemah sambil menyanyi dana senam bersama. Sesudah hafal siswa masing-masing ditanya arti dari asam kuat/lemah dan basa kuat/lemah.
Lalu siswa diajak berlatih contoh asam kuat/lemah dan basa kuat/lemah,dimana contoh-contoh senyawa ditulis di papan tulis, nah bila ditunjuk asam kuat/basa kuat siswa harus berdiri sambil menagtakan kuat dan bila yang ditunjuk asam lemah/basa lemah maka siswa harus berjongkok sambil menyebutkan kata lemah. Dari situ siswa bisa belajar dan memperbaiki kesalahannya bila melakukan kesalahan. Kalau sudaha lancar maka siswa diujui satu-satu..nah kalau yang banyak salah diberi sanksi berupa hukuman berupa joged atau menirukan hal yang lucu-lucu atau harus ngegombal ala opera van java
Mudah-mudahan dengan pembelajaran asam dab basa dengan senam bersama siswa akan lebih memahami materi pelajaran dan membuat suasana yang menyenangkan dan tentunya badan yang segar karena bisa senam bersama...
Label: pendidikan
Kamis, 05 Januari 2012
Sekar artinya bunga. Nyekar adalah adat menabur bunga di atas kuburan para kerabat yang telah meninggal. Atau juga disebut ziarah. Biasanya bunganya berupa melati,mawar, kamboja yang punya aroma harum. Memang nyekar hanyalah sebuah tradisi saja dengan waktu yang tidak punya patokan tertentu.
Dari dulu saya selelu dibiasakan setiap ke kota tempat eyang selalu diajak ibuku nyekar kuburan eyang. Ibuku selalu bilang doakan eyang biar diampuni dosa-dosanya dan mendapat tempat yang baik disisi Nya.
Dan memang buatku nyekar bukan suatu keharusan/kewajiban yang harus dilakukan, tetapi setiap ada waktu/kesempatan nyekar di makam keluarga yang telah wafat selalu dilakukan.
bagiku nyekar yang penting mendoakan agar yang wafat diamouni dosa-dosanya dan diterima disisi Allah dan buat intropeksi diri untuk selalu memperbaiki sikap karena kitapun cepat atau lambat akan wafat juga.
Pernah aku nyekar ke makaam adik iparku di Ciamis gara-gara suamiku sering bermimpi tentang adiknya, apa ini pertanda disuruh nyekar kali. Akhirnya diputuskan untuk nyekar kubawa bunga melati di kebunku yang memang sedang bermekaran. Waktu nyekar aku taburkan bunga melati dan harumnya memenuhi udara di makamnya, ya mudah-mudahan adikku senang disana.
kalau bapakku walau punya keyakinan yang berbeda denganku tidak menghalangi aku dan anak-anakku untuk nyekar di makamnya. Setiap ada kesempatan kami nyekar dan mendoakan bapakku dan membersihkan makamnya.
Menurutku sudah seharusnya kita nyekar ke keluarga yang sudah meninggal untuk mendoakan mereka juga sebagai intropeksi diri kita untuk selalu bersiap-siap dari awal sehingga ketika kita dipanggilNya kita selalu siap......
Label: pendidikan