Sabtu, 29 Desember 2012

Pertemuan Orang Tua


Peranan orang tua sangatlah penting dalam pendidikan anak karena hampir sebagian besar waktu anak bersama orang tua sedangkan guru hanya punya sedikit waktu untuk mendidik anak di sekolah juga sangat terbatas. Pendidikan karakter awal semuanya berawal dari rumah, guru hanya sebagai fasilitator saja tapi justru sering orang tua menyerahkan seluruhnya pendidikan kepada sekolah.

Untuk mengubah presepsi tersebut maka penting sekolah mengadakan pertemuan orang tua murid. Selain untuk mnegubah presepsi tersebut juga sekolah bisa menjabarkan kegiatan sekolah sehingga orang tua tahu tentang program sekolah. Tapi ternyata kehadiran orang tua juga sering tidak semua dengan alasan sibuk atau bekerja sehingga sering kali terjadi mis komunikasi.

Pertemuan ini juga bisa menjalin kerjasama orang tua dan  guru. Apa yang dilakukan anak di sekolah perlu diketahui oleh orang tua begitu juga guru perlu info tentang anak ketika mereka berada di rumah apa punya persoalan atau tidak.Nah, perlunya kerjasama tersebut maka pada pertemuan orang tua murid untuk pengambilan rapot semseter ganjil, saya ingin mempetegas pentingnya kerjasama tersebut dengan sebuah permainan yang dilakukan oleh anak dengan orang tuamya.

Masing masing kelompok yang terdiri dari anak dan orang tua diberi selembar kertas yang ada satu buah huruf dan setiap kelompok harus menuliskannkata sebanyak mungkin kata dari huruf tersebut yang berhubungan dengan sekolah. Tiap kelompok mulailah kelihatan bekerjasama untuk mencari kata-kata tersebut, ada yang bingung, ada yang tertawa-tawa, ada yang serius... Lucu juaga ya, mereka bener-bener bersatu untuk menyusun kata sebanyak mungkin. Sesudahnya kertas dikumpulkan dan dipeiksa siapa yang terbanyak menyusun kata-katanya.

Sebelum mengumumkan siapa yang menang , mereka harus menjawab apa makna dari permainan tersebut dan hampir sebagian besar mereka menjawab adalah kerjasama dan kekompakan... Nah dari jawaban tersebut saya menerangkan bagaimana pentingnya kerjasama guru dan orang tua ,jangan sampai orang tua cuek saja dan membebankan kepada guru saja dan kalau ada apa-apa menyalahkan guru saja.. Nah, mudah-mudahan dari permaina ini  para orang tua sadar akan perlunya kerjasama tersebut sehingga kalau dapat panggilan dari sekolah dapat menyempatkan diri untuk datang ke sekolah untuk mengetahui perkembangan anaknya di sekolah.


Kamis, 29 November 2012


Pada pembelajaran kimia pada materi tatanama senyawa baik senyawa biner maupun poliatom seringkali mengalami kesulitan dimana siswa sering kali tertukar dalam pemberian nama. Oleh sebab itu digunakan dengan mempergunakan kartu domino untuk mempermudah siwa belajar. kartu domino dibuat dari akrton yang didobel agar lebih kaku dan keras dengan ukuran 7x3 cm sebanyak 21 kartu.


Tiap kartu ada ada rumus kimia pada masing-masing sisinya karena kartu dibagi menjadi dua sisi. Sisi pertama tertulis unsur logam dan sisi yang lain unsur non logam sejumlah 21 kartu denagn tipe yang sama yaitu logam dan non logam berupa katian dan anion. Ada lagi kartu yang kationnya berupa logam pada satu sisinya dan satu sisnya anion berupa ion senyawa.


Kelas dibagi 4 kelompok masing-masing kelompok mendapat satu bundel kartu yang terdiri dari 21 kartu, sebelum dibagi satu kartu ditaruh di meja dan sisanya dibagi sampai habis pada anggota kelompoknya sampai habis. Sesudahnya mulai giliran untuk maju dimana siswa harus menjodohkan kation dan anionya dan kalau sudah benar lalu harus menyebutkan nama dari senyawa yang terbentuk. Dan dilakuakn seterusnya sampai kartu habis dari siswa.

Ternyata dengan permainan kartu domino yang diulang-ulang terus memungkinkan siswa jadi lebih mudah dan lancar dalam memberikan nama pada senyawa yang terbentuk. selain itu juga dapat meningkatkan motivasi dari siswa.


Kamis, 22 November 2012

Bubur Kertas


 

Kalau dengar kata bubur pasti pikiran kita akan tertuju dengan makanan yang terbuat dari beras dan semua orang sangat menyukai dengan "bubur" apalagi bila ditambah dengan lauk pauk lainnya. Kalau kita membaca kata bubur pasti yang berhubungan dengan sesuatu yang encer.

kertas yang sudah dipotong kecil diblender agar jadi bubur kertas


Lain lagi dengan bubur kertas. Bubur kertas adalah bubur yang terbuat dari kertas yang sudah tidak digunakan lagi yang dihancurkan dengan blender, dimana kertas tersebut sudah dipotong-potong kecil terlebih dahulu dan didiamkan semalam.Dari bubur kertas tersebut dapat dibentuk beraneka bentuk yang bisa dimanfaatkan seperti tas, pernak-pernik dan manfaat lainnya tergantung kreasi dan inovasi masing-masing individu.

Kemudian hasil blender tadi disaring sehingga dihasilkan ampas yang dapat dibentuk


Membuat bubur kertas mudah sekali. Bubur kertas bahan utamanya kertas yang sudah tidak dapat digunakan daripada diloakan. Alat lainnya blender, kain untuk menyaring dan lem putih . Kertas dipotong kecil-kecil dan direndam di air dan didiamkan semalam atau lebih juga tidak mengapa.. Setelah diblender  kemudian hasil blender disaring denagn kain tersebut sehingga kita mendapat kertas yang sudah hancur. Kemudain ampas tadi dicampur denagn lem putih dengan perbandingan 2:1 sampai kalis.

kertas yang sudah disaring di beri lem putih dan dicampur sampai kalis sehingga dapat dibentuk


Siaplah Bubur kertas ini untuk dibentuk menjadi berbagai bentuk untuk manfaat yang berbeda. Bubur kertas ini bisa di simpan dengan cara dimasukan dalam plastik yang kedap udara agar tidak bau dan bisa disimpan sekitar 2 mingguan. Nah, mudah kan??? Pemanfaatan bahan yang tidak berguna menjadi berguna merupakan salah satu cara untuk mengurangi sampah....

Mewarnai bubur kertas yang sudah dibentuk


Rabu, 14 November 2012

Majalah Bekas jadi Rangkaian Bunga



Majalah bekas kadang bisa menjadi masalah besar di rumah , menumpuk dan memenuhi gudang, paling bisa dijual ke tukang loak... Bila majalah bekas dimanfaatkan mungkin tidak perlu memenuhi gudang lagi. Perlu rangkaian bunga untuk menambah indah rumah kita tidak perlu beli yang mahal. Bisa buat dari majalah bekas. Dan terlihat indah tak menyangka kalau rangkaian bunga ini terbuat dari majalah bekas....


Dari foto-foto terlihat sederhana, manis dan sedap dipandang dan tidak perlu biaya yang besar untuk menambah indah sudut rumah kita denagn rangkaian bunga ini...Mari kita manfaakan barang bekas untuk sesuatu yang bermanfaat dan merupakan salah satu cara mengurangi sampah dan memelihara lam ini......semoga...




Kamis, 08 November 2012

Pembelajaran dengan Bermain Peran


Bermain peran merupakan salah satu metode mengajar yang dapat menumbuhkan motivasi pada siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Metode bermain perlu mengajak siswa untuk berperan menjadi orang tertentu atau materi tidak hidup. dengan metode bermain peran ini yang dilaksanakan dengan baik maka siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

      Siswa berkelompok untuk mengerjakan soal sebelum berperan sebagai atom-atomnya

Pada pembelajaran ikatan kimia yaitu ikatan ion siswa-siswa diberi penjelasan terlebih dahuu bagaimana terbentuknya ikatan ion bila setiap unsur yang berkaitan diketahui nomer atomnya. Setelah siswa benar-benar mengerti, bisa dilatih dengan siswa bermain peran menjadi atom yang menangkap elektron (ion negatif) dan sebagian lagi berperan menjadi atom yang mudah melepaskan elektron (ion positif). Sebelumnya siswa menyanyikan terlebih dahulu lagu disana senang, disini senang yang liriknya diganti denagn yang berhubungan denagn ikatan ion.
                       Ikatan ion, ikatan ion
                      dimana-mana ikatan ion
                      menangkap elekton, melepaskan elektron
                      jadilah ikatan ion.


Kemudian siswa dibagi menjadi 4 kelompok, kelompok atom bermuatan -1,-2,+1 dan +2. Dan bila siswa diberi soal Mg denagn noimer atom 12 dan Cl dengan nomer atomnya 17 maka salah satu dari kelompok +2 harus berperan sebagai atom Mg yang melepaskan 2 elektron dan 2 siswa dari kelompok -1 harus berperan sebagai atom Cl yang menagkap 1 elektron sehingga mereka berperan membentuk ikatan ion denagan 1 atom Mg dan 2 atom Cl. Demikian terus diberi soal sehingga siswa menjadi lancar mengerjakannya.

Siswa membentuk senyawa dengan ikatan ion dimana ada satu atom bermuatan positif dan 2 atom yang bermuatan negatif

Ternyata dengan bermain peran sangat efektif terhadap pemahaman siswa terhadap materi ikatan ion. Siswa lebih mudah memahami dan tentunya sangat menyenangkan karena dilakukan di luar kelas dan dilakuakn dengan hati yang seang karena tidak membosankan.

Siswa menyanyikan lagu yang sudah diubah liriknya dengan gerakan tertentu......

Jumat, 26 Oktober 2012



Pada proses pembelajaran terutama di bidang sains seharusnya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi dan menumbuhkan kemampuan berpikir. Oleh sebab itu pada proses pembelajaran sains dapat digunakan pendekatan ketrampilan prose. Ketrampilan artinya kemampuan menggunakan nalar, pikiran dan perbuatan secara efisien dan efektif untuk mencapai hasil tertentu termasuk kreativitas sedang proses  merupakan konsep besar yang dapat diuraikan jadi komponen yang harus dikuasai seseorang bila akan melakukan sesuatu. jadi pendekatan ketrampilan proses  adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan fakta, membangun konsep dan teori dengan sikap ilmiah siswa sendiri.

Dengan memapai bekas pop mie siswa dapat menghitung kalor yang dihasilkan dalam suatu reaksi.


Bertolak dari hal di atas , kadang kala dalam pembelajaran seringkalai pada pendekatan ketrampila proses terdapat kendala yaitu kurangnya sarana /alat yang minim yang bisa digunakan untuk melakukan pendekatan ketrampilan proses tersebut. Maka bisa dilakukan dengan cara memulai dari apa yang ada. Apa yang ada di sekeliling kita bisa digunakan untuk melakukan ketrampilan proses seperti apa yang dilakukan pada pembelajaran kimia ini.

Dengan aqua gelas bekas dapat melihat pengaruh luaas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi dengan menggunakan gula batu dan gula pasir.

Pada pembelajaran termokimia dimana untuk mengukur panas yang dihasilkan oleh suatu reaksi dengan menggunkan kalorimeter. Bila alat kalorimeter tidak ada bisa digunkan bekas pop mie sebagai kalorimeter, walaupun ada kekurangannya tapi yang penting anak bisa melakukan percobaan untuk bisa menghitung panas yang dihasilkan oleh suatu reaksi.

Dengan mempergunakan aqua gelas siswa dapat melihat pengaruh suhu terhadap laju reaksi

Faktor yang mempengaruhi laju reakis seperti suhu. luas permukaan bidang sentuh bisa digunakan aqua gelas bekas untuk mengetahui pengaruh suhu dan luas permukaan bidang sentuh terhadap kecepatan reaksi. Lain lagi pada kesetimbangan dimana reakis yang berjalan terus menerus sehingga setiap komponen selalu tetap ada, bisa dibuktikan dengan mempergunakan peluang dengan menggunakan kertas atsuro.




Jadi pada ketrampilan proses tidak ada alasan lagi untuk mengeluh tentang tidak adanya alat dan sarana, pada beberapa bab bisa dilakukan denagn mulai dari apa yang ada di sekitar kita. Dengan apa yang ada di sekeliling kita yang sederhana , ketrampilan proses biusa tercapai sehingga siswa akan mendapatkan pembelajaran bagaimana mereka menemukan fakta, data dan dapat menyusun konsep yang ada. Mari kita gunakan apa yang ada di sekeliling kita untuk pembelajran yang kreatif dan inovatif.....

Ini menggunakan peluang dengan kertas atsuro untuk menunjukan bahwa pada reaksi kesetimbanagn setiap komponen yang bereaksi selalu teteap ada.

Kamis, 18 Oktober 2012

Penelitian


Riset menurut Fellin, Tripodi dan Meyer (1969) adalah cara sistimatik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat disampaikan dan diuji oleh peneliti lainnya. Dalam bahasa indonesia pandanan kata riset digunakan istilah penelitian. Pada penelitian biasanya menggunakan metode penelitian yang punya kriteria berdasarkan fakta, bebas dari prasangka, gunakan prinsip analisis, menggunakan hipotesis dan gunakan ukuran objektif.

Pada penelitian diperlukan langkah-langkah umum yang harus dilakukan seperti mengidentifikasikan masalah, menetapkan tujuan penelitian, studi literatur, merumuskan kerangka konsep penelitian, merumuskan hipotesa, metode penelitian, penggumpulandata, mengolah dan menganalisa data dan terakhir membuat laporan.


Pada kurikulum di SMA penelitian tidak dimasukkan sehingga hampir sebagian besar siswa tidak tahu dan tidak mnegerti apa yang harus dilakukan bila harus mengadakan penelitian. Biasanya penelitian dilakukan oleh kelompok ilmiah remaja (KIR) yang hanya berupa ekskul dan hanya segelintir orang saja yang bisa mengikutinya.
Berpulang dari sini saya mengajak siswa-siswa untuk melakukan penelitian. Diharapkan memberikan pengalaman belajar bagi siswa sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan bila mereka harus mengadakan penelitian.


Penelitian pertama siswa diajak untuk mengetahui faktor makanan yang mempengaruhi kualitas susu pada sapi perah yang ada di KPSP Saluyu di Kuningan dimana siswa mengamati pakan yang diberikan pada sapi dan menguji susu di laboratorium denagn uji lemak, protein, kadar zat padat kering. dari yang dilakukan selama 3 hari didapatkan data yang dapat diolah , dianalisa dan disimpulkan yang dibuat menjadi makalah.


Penelitian kedua siswa diajak untuk melihat tingkat pencemaran udara akibat gas CO yang dikeluarkan oleh kendaraan motor. setiap kendaraan akan mengeluarkan gas CO, jadi bila kendaraan bermotor yang semakin meningkat berarti tingkat pencemaran udara tentunya akan meningkat.. Akhirnya siswa di beberapa perempatan menghitung jumlah kendaraan yang lewat dalam waktu 5 menit dilakuakan selama 3 hari pada hari Minggu, Jumat dan Selasa.

Penelitian ketiga siswa diajak untuk melihat tingkat pencemaran  sungai Sukalila yang membelah kota dimana siswa mengambil sampel dari tiga titik yang berbeda di sunagi Sukalila. Kemudian di bawa ke laboratorium untuk diuji  kadar amonianya, nitrat, fosfat, BOD,DO , coli. Dari data yang didapat diolah dan dianalaisa menjadi makalah.


Memang dengan kegiatan penelitian ini tidak serta merta siswa menjadi mahir dan suka melakukan penelitian tapi dengan penaglaman belajar yang sederhana ini bisa tertanam di dalam hati siswa yang bisa jadi bekal siswa di kemudian hari. Melatih secara rutin pada siwa untuk melakukan penelitian bukanlah merupakan pekerjaan yang sia-sia walau tidak pernah diikuti lomba-lomba tapi memberikan pembelajaran yang berharga bagi siswa. sederhana tapi bermakna.....


Kamis, 11 Oktober 2012

Yuuuk Sepedaan....

   
      Naik sepeda itu banyak manfaat daripada ruginya. Manfaat yang paling besar adalah tidak merusak lingkungan karena tidak mengeluarkan asap beracun seperti mobil dan motor sehingga sepeda dikatakan sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Apalagi sekarang mulai digalakan go green sehingga sepeda merupakan alternatif kendaraan yang go green. Selain itu bersepeda sangat besar manfaatnya bagi kesehatan dengan bersepeda bisa membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh sehingga tidak ada lemak yang tertimbun di dalam otot, memperlancar peredaran darah sehingga memudahkan pengedaran sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh dan akhirnya akan memperkuat otot di tubuh .

    Akhirnya satu lagi manfaat bersepeda bisa digunakan untuk refreshing dan meningkatkan kebersamaan antar keluarga, teman atau komunitas karena dengan bersepeda, hati riang sehingga pikiran yang ada di otak akan hilang,bisa untuk relaksasi dan dengan bersepeda bersama-sama bisa menciptakan kerukunan dan keakraban satu sama lain. Berpulan dari itu saya beserta anak kelas XI IPA untuk mempererat kebersamaan dan semangat kegembiraan mengajak mereka bersepeda ke pantai Kejawanan. Start dari sekolah yang kebetulan dekat dengan pantai, kami mulai menyusuri jalan sepanjang 3 km menuju pantai dengan sepeda masing-masing. Wah.....seru banget walau bersepeda bukan hal yang rutin mereka lakukan tapi mereka sangat bersemangat mengayuh sepedanya...hayooooo kita gowes........gowes terus....semangat!!!!!.

Sesampainya di pantai, sepeda di taruh diparkiran dan empat sepeda dirantai jadi satu karena gak ada kuncinya sedang yang lain ada kuncinya. Lihat perahu..wah tertarik akhirnya naik perahu sampai ke tengah laut tapi sangat aman karena laut Jawa termasuk laut yang tenang dibanding di bagian selatan.


Sesudahnya nongkronglah di warung sambil makan nasi goreng yang dimasak mereka sendiri di rumah. Nyam....nyamm......makan hasil masakan mereka sendiri nikmatnya apalagi dimakan bersama-sama penuh keriangan. Akhirnya kembali bersepeda ke sekolah, puas dan senang bisa refreshing bersama. Semangat kegembiraan dan kebersamaan tercapailah sudah.....


Kamis, 04 Oktober 2012



Pada pembelajaran pembagian unsur menjadi logam dan non logam dimana diharapkan siswa bisa denagn cepat membedakan mana unusr yang logam dan mana yang bukan non logam. Hal ini tentu akan membuat kesulitan buat siswa untuk menghafal mana saja unsur yang logam ,mana yang bukan logam.Untuk mempermudah siswa belajar, pertama-tama membuat kartu unsur dimana unsur logam dengan warna biru dan unsur non logam dengan warna kuning. Kemudian nama unsur ditempel di papan tulis dan setiap siswa harus menempelkan kata logam atau non logam disamping nama unsur tersebut yang dilakukan berulang-ulang. Dengan demikian siswa akan lebih mudah mengingat karena dengan warna biru dan kuning yang dilakukan berulang-ulang sehingga siswa jadi hafal dengan sendirinya.


Bila siswa sudah hafal dilakukan permainan lain untuk memantapkan yaitu permainan dua-dua atau tiga-tiga. Siswa disuruh mengambil bola plastik kecil masing-masing satu yang bertuliskan nama unsur, setelah semua memegang bola , ketika diberi aba-aba tiga-tiga maka siswa harus dengan cepat berkelompok tiga-tiga, yang logam dengan logam dan non logam denagn non logam, dan yang tidak dapat pasangan atau salah berkelompok itu yang salah. Dan kembali siswa mengambil bola yang berbeda lagi dan disuruh berkelompok yang jumlahnya bisa berbeda dari yang tadi dan dilakukan beulang-ulang. Akhirnya secara tidak sadar siswa akan hafal denagn sendirinya dengan menyenangkan tanpa beban. Di akhir permainan yang tadi tidak memdapat pasangan atau salah berkelompok diberi hukuman untuk menari denagn gaya yang ditentukan dengan lagu potong bebek.


Puas dan menyenangkan siswa dapat mendapatkan pengalaman belajar tanpa harus dengan kerut dan wajah yang serius tapi proses belajar yang mengalir dan memberikan suasana ceria dan gembira. Semangat kegembiraan dari siswa bisa didapat.


Kamis, 27 September 2012

Mind maping



Kalau kita lihat di beberapa buku paket pelajaran bisa dilihat ada peta konsep pada awal bab yang berupaya menggambarkan hubungan antara pokok bahasan tapi seingkali hubungan antar konsep tidak lengkap dan tidak jelas. kalu begitu apa sih yang disebut dengan peta konsep atau concept map, maka peta konsep adalah piranti visual untuk mengorganisasikan dan mepresentasikan pengetahuan yang di dalamnya terdapat ada konsep-konsep yang dihubungkan dengan kata penghubung yang jelas. Susunan hubungan antar konsep bisa disusun berdasarkan yang umum hingga yang khusus secara hirarkis. Ada lagi yang disebut denagn peta pikiran atau mind map, peta ini lebih bersifat individu dan tidak memiliki kaitan yang ketat diantara hubungan antar elemnennya, jadi pada peta pikiran boleh gunakan kategori sesuai yang diinginkan. disinilah letak perbedaannya.


Pada pembelajaran termokimia sub bab dampak pembakaran siswa ditugaskan untuk membuat peta pikiran atau mind maping bukan peta konsep tapi dalam bentuk gambar. Kenapa dipilih dalam bentuk gambar, karena banyak dari siswa bila melihat banyak tulisan sudah malas untuk membacanya, sehingga dengan mempergunakan gambar akan lebih menarik dan membuat siswa lebih senang mempelajarinya.


Ternyata benar saja dengan gambar peta pikiran lebih menarik untuk dilihat, tentunya akan lebih mudah siswa mempelajari, apalagi dengan warna yang mencolok mata. Diharapkan dengan pembuatan mind maping, siswa lebih terkesan dan dapat menaglami proses pembelajaran yang menyenangkan .....



Jumat, 10 Agustus 2012

Pendidikan Karakter



Dalam era globalisasi ini dimana pengaruh luar sudah begitu mempengaruhi pada sendi kehidupan umat manusia terutama generasi muda. Dimana orang lebih berorientasi uang, materi, materialistik sehingga timbul sifat egois, curang, tidak jujur , munafik dan banyak kebohongan. Akibatnya banyak karakter dari bangsa ini yang sangat menjunjung etika dan budi kerti sudah menghilang di hati generasi muda.

Oleh karena itu sekarang mulai dikembangkan pendidikan karakter di sekolah-sekolah dengan harapan generasi muda punya karakter yang mumpuni dan bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik, sehingga apa yang diperbuatnya selalu didasarkan pada norma yang ada. Setiap sekolah punya cara tersendiri dalam mengaplikasikan pendidikan karakter di sekolahnya. Ada yang berupa pengajaran di kelas, berupa outbound, permainan dan lain-lain.

Di sekolah saya SMa Santa Maria 2 Cirebon , pendiikan karakter diajarkan melalui 6 semangat Dominikus yaitu semangat doa, semangat belajar, mulai dari apa yang ada, semangat persaudaraan dan kegembiraan,semanagt demokrasi, semangat bela rasa yang dikembangkan melalui pengajaran di kelas, melalui kegiatan hidup di luar, dan kegiatan seremonial. Diharapkan dengan semua ini karakter ini bisa dikembangkan oleh setiap siswa, sehingga dia akan menjadi pintar dalam hal akademik dan punya karakter yang mumpuni.


Di acara kegiatan seremonial "Pesra Dominikus 2012"  dibuat lomba antar kelas berupa lomba kotbah dengan 6 tema semanagt Dominikus, maping tentang sejarah atau nilai hidup Dominikus dan lomba yel-yel kelas. Kelas XI IPA dimana saya jadi wali kelas turut berpartisipasi. Kotbah dengan tema semangat demokrasi, maping dengan 6 semangat demokrasi dan yel-yel kelas dengan menggunakan lagi iwak peyek yang diganti kata-katanya jadi dengan 6 semangat Dominikus

"Ayo kawan, ayo kawan , mari kita mulai belajar
belarasa, demokrasi , semangat persaudaraan
Ayo kawan, ayo kawan , mari kita mulai belajar
mari kawan, mari kawan, mulai dari apa yang ada"
ho...ho...hoo..hooo XI IPA istimewa.......

Diharapkan dengan kegiatan ini siswa benar-benar dapat memaknai dan menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya baik dirumah, sekolah dan lingkungannya. Juga dengan lomba ini dapat meningkatkan tingkat sportivitas yang tinggi sehingga siapapun yang menang tidak menjadi masalah yang penting telah ikut berpartisipasi.

Kamis, 05 Juli 2012


Cagar alam Pananjung terdapat di kawasan pantai Pangandaran, banyak sumber daya hayati flora dan fauna. Hutan pantai terdapat di bagian timur dan barat pantai, dipenuhi beberapa hewan seperti biawak, monyet , kijang dan banteng. Cagar alam ini bisa dikunjungi dari pintu masuk yang ada di pantai timur dan bisa juga masuk dari pasir putih atau yang naik perahu mengelilingi cagar alam bisa masuk dari sisi timur cagar alam..

Karena kita mengikuti wisata mengelilingi cagar alam sehingga masuk cagar alam dari sisi timur cagar alam

. Pertama yang dikunjungi adalah sumber mata air Cirengganis yang katanya bila cuci muka disini bisa awet muda. Ternyata dulunya merupakan tempat pemandian kepunyaan raja yang benama Raja Mantri. Suatu hari dia melihat ada Dewi Rengganis beserta inang-inangnya sedang mandi di sana, lalu dia mengambil selendang Dewi Rengganis. Karena merasa kehilangan Dewi membuat sayembara dan berjanji jika yang menemukan perempuan akan dijaadikan saudaranya dan jika pria akan dijaadikan suaminya.

Ada lagi Gua Panggung yang sisi lainnya menghadap laut karena terlihat genangan

air di bagian yang agak ujung. Disini dulunya ada laki-laki yang disebut dengan Embah Jaga Lautan/Kiai Pancing Bener yang ditugaskan untuk menjaga pantai di Jawa Barat dan seluruh pantai di Indonesia. Berjalan dari gua Panggung terdapat pohon roket karena berbentuk seperti roket, dan dari situ terlihat Batu Kalde, berupa batu-batuan yang menyerupai candi dan masih ada batuan lain yang masih terpendam di dalam tanah. Sering disebut dengan Sapi Gumarang karena katanya disana tinggal seorang sakti yang dapat menjelma menjadi sapi yang gagah berani dan sakti. Sapi Gumarang adalah seorang nahkoda kapal.

Sesampainya di gua Parat/Keramat kita harus pakai senter karena gelap



Di sana tempat bertapa pangeran dari Mesir yaitu Pangeran Kesepuluh (Syekh Ahmad) dan Pangeran Kanoman (Syekh Muhammad), Pangeran Maja Agung, Pangeran Raja Sumenda. Di depan gua tersebut terdapat dua kuburan sebagai tanda bahwa Syekh Ahmad dan Syekh Muhammad menghilang(tilem). Dari kuburan di atas mau masuk gua kita harus merunduk karena mulut gua pendek, setelah itu akan terlihat batu krisal yang berkelap-kelip seperti kristal. Dan banyak staglatit dan staglamit yang mempunyai bentuk berbeda. Ada yang berbentuk seperti unta , yang katanya kalau di foto disana bisa naik haji (nah berfotolah berdua , kali-kali bisa naik haji), ada juag yang berbentuk seperti bentu kelamun wanita dan pria dan yang berfoto disana katanya bisa cepat dapat jodoh ( wah, yag pantes foto di sini si Adit deh, biar cepet dapat jodoh ), Juga terdapat staglatit yang memanjang ke bawah dan tepat di bawahnya ada staglamit yang berbentuk lingkaran seperti bola mata, yang sering dipakai shooting mak lampir dimana mak lampir sering lihat musuh-musuhnya dari staglamit yang berbentuk lingkaran ini. Ada lagi batuan yang ila ditepuk mengeluarkan suara gendang dan gamelan.


Terakhir gua Lanang dulunya merupakan keraton pertama kerajaan Galuh sedangkan keraton yang kedua di Karang Kamulyan di Ciamis, raja Galuh adalah seorang laki-laki (lanang) yang sedang berkelana. Tak terasa menyusuri gua-gua yang terdapat di cagar alam sudah berakhir, cape tapi terbayar dengan indahnya staglatit dan staglamit yang ada di gua-gua tersebut yang menakjubkan.




;;